KLIKSAMARINDA | Tes Assesment Center Seleksi Terbuka JPTP Pemprov Kaltim Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19
Provinsi Kaltim

Tes Assesment Center Seleksi Terbuka JPTP Pemprov Kaltim Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19

Tes Assesment Center (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA РPanitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) memasuki babak baru. Kini, para pelamar jabatan tinggi di Pemprov Kaltim tersebut memasuki tahapan Tes Assessment Center.

Pelaksanaan Tes Assesment Center ini berlangsung di Kantor UPT Penilaian Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim, Jalan Kartini, Senin 24 Agustus 2020. Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah menerangkan, tahapan seleksi terbuka JPTP di tengah pandemi Covid-19 diharapkan dapat berlangsung sesuai jadwal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini sukses dan sesuai dengan jadwal. Ini tentu juga akan menjadi bahan rujukan untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Tes Wawancara. Alhamdulillah, semua protokol kesehatan dapat kita jalankan dengan baik,” ujar Diddy Rusdiansyah saat meninjau pelaksanaan tes assessment seleksi JPTP di Kantor BKD Kaltim.

Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah, saat meninjau pelaksanaan Tes Assessment seleksi JPTP di Kantor BKD Kaltim, Senin 24 Agustus 2020. (Foto: Dokumentasi BKD Kaltim)

Tes Assesment Center ini diikuti 71 pelamar yang terbagi ke dalam beberapa batch (kelompok) yang berlangsung dalam beberapa pekan. Untuk batch pertama berlangsung mulai 24-25 Agustus 2020 yang diikuti 24 peserta. Batch berikutnya menyusul pekan depan hingga keseluruhan pelamar menjalani Assesment Center ini.

Kepala UPT Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Kaltim, Yuli Fitriyanti menjelaskan selama melakukan pengambilan data terhadap pelamar saat assessment, terdapat beberapa penyesuaian. Alasannya, tes kali ini berlangsung dalam masa kedaruratan pandemi Covid-19.

Penyesuaian dalam simulasi yang dilakukan di antaranya seperti tes wawancara yang dilakukan secara virtual. Peserta dan assessor berbeda ruangan sehingga tidak bertatap muka. Kemudian simulasi/psikotes yang menggunakan komputer.

“Awalnya kita ingin mengurangi simulasi yang kita gunakan. Tapi khawatir data yang kita dapatkan nantinya tidak maksimal, jadi tetap diupayakan agar semua simulasi tetap ada. Namun dengan beberapa penyesuaian salah satunya untuk meminimalisir bertatap muka,” ujar Yuli Fitriyani.

Yuli Fitryani juga menerangkan, 71 peserta dibagi menjadi tiga batch. Setiap batch diikuti kurang lebih 24 orang dalam setiap minggunya. Batch pertama terhitung sejak tanggal 24-25 Agustus 2020 yang disusul batch berikutnya pada 7 September 2020 mendatang sebanyak 24 peserta.

“Batch pertama tanggal 24-25 Agustus sebanyak 24 orang. Minggu depannya lagi batch kedua tanggal 7 September 2020 sebanyak 24 orang dan seterusnya hingga batch ketiga. Dijadwalkan demikian karena kami perlu waktu untuk melakukan scoring,” ujar Yuli Fitriyani.

Pelaksanaan Tes Assesment Center ini diikuti 71 orang pelamar yang bersaing untuk mengisi 12 posisi JPTP di lingkungan Pemprov Kaltim. Sesuai surat nomor: 005/Pansel-JPT Kaltim/VIII/2020 jabatan yang akan diperebutkan terbagi ke dalam dua kategori, yaitu
A. Kelompok Eksakta yang terdiri dari
1. Inspektur (IIa),
2. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (IIa),
3. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan
4. Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (IIa),
5. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (IIa),
6. Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD AWS (IIb).
Kelompok Non-Eksakta, yang terdiri dari
7. Dinas Komunikasi dan Informatika (IIa), dan
8. Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah (IIb).
9. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (IIa),
10. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (IIa),
11. Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah (IIb), dan
12. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (IIb)

Para pelamar sebelumnya telah melewati sejumlah tahapan tes, antara lain Tahap Seleksi Administrasi, Tahap Tes Kesehatan/Kejiwaan dan Tahap Tes Penulisan Makalah. (*)

DMCA.com Protection Status