Malam Minggu, Satgas Covid Samarinda Vaksinasi Pengunjung Cafe

KLIKSAMARINDA – Pengunjung sejumlah cafe di kawasan Puncak Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) mendapatkan ajakan vaksinasi Tim Satgas Covid-19, Sabtu malam 26 Maret 2022. Para pengunjung cafe ini lalu mendapatkan pemeriksaan data bukti vaksin.

Jika diketahui belum divaksin, jajaran Tim Satgas Penanganan Vaksin Covid-19 Samarinda akan langsung mendata dan melakukan vaksinasi di cafe tersebut.

Vaksinasi sejumlah pengunjung cafe ini merupakan upaya Satgas Covid-19 Samarinda untuk proaktif dalam vaksinasi. Tujuannya adalah mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok di Samarinda.

Tim Satgas Penanganan Vaksin Covid-19 ini menyasar empat cafe di kawasan Puncak Samarinda. Tak terkecuali hadir jajaran kepolisian Polsekta Sungai Kunjang serta Muspika Sungai Kunjang.

Aparat langsung mengajak warga yang mengunjungi cafe agar mau disuntik vaksin oleh petugas Dinas Kesehatan Samarinda. Warga pun kemudian menjalani pendataan petugas.

Bagi mereka yang belum menjalani vaksin tahap pertama maka akan disuntik vaksin 1 atau warga yang belum divaksin kedua dan ketiga serta booster.

Para pengunjung banyak yang merasa senang karena tidak harus antre. Pengunjung juga merasa mendapatkan kemudahan karena tidak kesulitan mencari tempat vaksin.

Menurut seorang pengunjung cafe, Bunga, mengaku senang bisa mendapatkan suntikan vaksin booster ketika berkunjung ke cafe. Bunga mengaku dirinya telh disuntik vaksin tahap pertama dan kedua.

Namun, saat disuntik vaksin pertama dan kedua, Bunga harus antre di sebuah mall di Samarinda. Sekarang, Bunga senang karena bisa mendapatkan vaksin booster dengan kedatangan Tim Satgas Covid ke cafe.

“Emang mau disuntik. Karena kebetulan ada di sini. Ini suntik ke-3, tidak perlu antre,” ujar Bunga yang merupakan warga Jalan Lok Bahu, Samarinda.

Kapolsekta Sungai Kunjang, Kompol I Made Anwara mengatakan, aksi jemput bola ini dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Sungai Kunjang dengan melibatkan petugas dinas kesehatan dari Puskesmas Karang Asam.

Menurut I Made Anwara, kegiatan vaksinasi di cafe ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Satgas Covid-19 juga meminta agar warga tidak antre.

Petugas memanggil warga yang mau vaksin dari meja ke meja sehingga pengunjung masih bisa tetap di tempat dan menunggu giliran disuntik vaksin. Menurut Kompol I Made Anwara, sampai sekarang ini vaksinasi jemput bola serupa sudan yang ke-4 kali dilaksanakan di wilayah Sungai Kunjang.

“Tidak terganggu. Justru mereka senang dengan vaksin di tempat ini. Mereka senang karena bisa santai sambil mendengarkan musik, makan, tapi sambil menerima vaksin dari Satgas Kecamatan,” ujar Made.

Tim Satgas Covid-19 Sungai Kunjang juga mendapat apresiasi dari para pengusaha kuliner dan cafe. Mereka mengaku senang ada terobosan yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 Samarinda.

Bambang, pemilik Cafe d’Puncak, menyatakan bahwa dirinya bersyukur karena antusias masyarakat terutama pengunjung cafe untuk vaksin sangat tinggi.

“Tadi antre sampai sekarang masih antre. Saya sungguh berharap bagi pemerintah bahwa acara jemput bola untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya pada vaksin. Bisa pada pelayanan kesehatan yang lain,” ujar Bambang.

Pemberian vaksin di sejumlah cafe di Puncak Samarinda ini berlangsung hingga pukul 10.00 WITA. Tim Satgas menargetkan vaksinasi 200 pengunjung cafe.

Tim Satgas Covid-19 berencana melakukan kegiatan serupa pada minggu malam hingga jelang Ramadhan mendatang. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status