Fokus News

Ziarah Kubur Jelang Ramadan di Samarinda, Warga Dihimbau Pakai Masker

??????????

KLIKSAMARINDA – Tradisi berziarah jelang memasuki bulan Ramadan di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) tetap berlangsung di tengah wabah virus corona (Covid-19). Namun, ada yang berbeda saat ziarah berlangsung.

Seperti yang terjadi di tempat pemakaman umum Jalan Abul Hasan, Kelurahan Pasar Pagi, Samarinda, Rabu sore 22 April 2020. Suasana pemakaman umum berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemakaman umum terlihat lengang.

Tak hanya itu, belasan petugas dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 membagikan ratusan masker bagi para peziarah yang tidak menggunakan masker. Petugas juga meminta kepada penjaga makam untuk bertindak tegas kepada para peziarah yang tidak menggunakan masker agar mematuhi himbauan penggunaan masker demi memutus penyebaran virus corona.

Sejumlah peziarah mengaku senang mendapatkan masker kain yang diberikan petugas. Salah satunya Ardiana, warga Lempake, Samarinda. Mereka mengatakan tidak menggunakan masker karena stok masker yang dimiliki kurang.

“Baik ajalah karena ini untuk menghindari penyakit,” ujar Ardiana.

Plt. Kepala BPBD Samarinda, Hendra mengatakan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Samarinda, pemerintah gencar melakukan pemberian himbauan dan pembagian masker secara gratis. Menurut Hendra, masyarakat yang mengunjungi makam atau berziarah harus menggunakan masker kemudian menjaga jarak.

“Saya bilang kepada pengurusnya, kalau tidak menggunakan masker, lebih bagus tidak usah berziarah. Jadi harus pakai masker. Kemudian kami membagi kepada pengunjung beberapa ratus masker,” ujar Hendra. (Jie)