Clicky

Kota Penyangga IKN Samarinda Kaltim Kembangkan Stasiun Bahan Bakar Listrik

Peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) berlangsung di Jalan Gajah Mada, Samarinda, kalimantan Timur (Kaltim), Rabu 26 Januari 2022.

KLIKSAMARINDA – PLN UP3 Samarinda mengembangkan sarana pengisian bahan bakar kendaraan berbasis listrik. Pengembangan ini dalam upaya mendukung ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) berlangsung di Jalan Gajah Mada, Samarinda, kalimantan Timur (Kaltim), Rabu 26 Januari 2022.

General Manager PLN UIW Kaltimra, Saleh Siswanto, menyatakan, PLN terus memberikan peran aktif dalam menyediakan sarana pendukung kendaraan SPKLU.

Menurut Saleh Siswanto, SPKLU shelter kantor PLN UP3 Samarinda ini merupakan SPKLU kedua di Provinsi Kaltim.

“Kami berharap dapat meningkatkan kenyamanan pemilik kendaraan listrik dalam mengisi ulang daya baterai. Karena SPKLU bekerja dengan sistem fast charging di mana pelanggan dapat mengisi daya kendaraan dengan waktu relatif lebih cepat,” ujar Saleh Siswanto.

Saleh Siswanto menambahkan. PLN terus menggencarkan electrifying lifestyle. Program tersebut merupakan program untuk kampanye gaya hidup dengan memanfaatkan energi listrik seluas-luasnya seperti motor listrik, kompor listrik, dan sebagainya.

Menurut Saleh Siswanto, hal tersebut merupakan langkah yang ditempuh untuk mendorong gerakan Zero emission di Indonesia.

Walikota Samarinda, Andi Harun, turut menghadiri peresmpian SPBU berbasis listrik tersebut. Menurut Wali Kota Andi Harun, ke depan dipastikan mobil listrik menjadi alat transportasi akan menggantikan alat transportasi yang ada saat ini dan pasti akan masif.

“Saya menyambut baik apresiasi dan turut merasa bangga di Samarinda sudah SPKLU untuk mobil listrik. Semoga ke depan perkembangannya makin besar dan kita pada akhirnya memiliki kualitas udara yang baik,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga menyatakan bahwa secara bertahap jajarannya di Pemkot Samarinda akan memulai penggunaan motor listrik dan kendaraan listrik.

Hal itu agar bisa memberi contoh kepada masyarakat bahwa penggunaan motor dan mobil listrik.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Christianus Benny mewakili Gubernur Kaltim menyatakan bahwa Pemprov Kaltim mendukung program nasional Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Menurut Benny, Kaltim merupakan satu dari 6 provinsi yang pertama mendukung program kendaraan listrik di Indonesia.

Benny menambahkan, dukungan telah dilakukan Kaltim sejak tahun 2021. Salah satunya dengan merancang penyiapan SPKLU, selain yang direncanakan PLN.

Pengembangan penggunaan sarana transportasi berbasis energi listrik ini juga didukung oleh adanya rencana insentif dari PLN dan pemerintah untuk keringanan pajak.

“Dari tahun lalu kami sudah merancang SPKLU seperti di PLN ini. Rencananya di sekitar kawasan Stadion Madya Sempaja. Bentuk dukungan lain dalam kampanye penggunaan kendaraan bermotor listrik, Dinas ESDM Kaltim juga akan menyusun pengadaan mobil listrik untuk operasional,” kata Benny. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com