Clicky

Kamar VIP Kapal Pantokrator Samarinda Terbakar, Penumpang Batal Berangkat

Upaya pemadaman kebakaran di atas KM Pantokrator Pelabuhan Samarinda, Rabu, 26 Januari 2022. (Foto: Disdamkar Samarinda)

KLIKSAMARINDA – Sebuah kamar VIP di dalam KM Pantokrator yang tengah sandar di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) terbakar. Insiden ini terjadi Rabu siang, 26 Januari 2022 pukul 10.40 WITA.

Tampak di lokasi kejadian, asap mengepul dari atas KM Pantokrator. Asap tersebut diketahui berasal dari sebuah kamar VIP di di dek 3.

Akibatnya ratusan penumpang yang sudah berada di dalam kapal sejak Selasa 25 Januari 2022 malam panik. Beberapa di antaranya berlarian keluar kapal.

Para penumpang yang turun lalu berkumpul di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kota Samarinda.

Para petugas kapal dan pelabuhan langsung mengevakuasi para penumpang agar turun dari kapal yang hendak berangkat ke Pare-Pare, Sulawesi Selatan tersebut.

Petugas juga tidak hanya mengevakuasi penumpang. Beberapa kendaraan penumpang yang berada di dalam dek kapal juga harus dikeluarkan untuk menghindari insiden susulan.

Tak lama, puluhan anak buah kapal atau ABK KM Pantokrator bersama petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadan Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda berupaya memadamkan sumber api.

Di lokasi kejadian, penanganan kebakaran sempat terkendala sempitnya lorong kapal. Asap tebal yang memenuhi dek kapal juga sempat membuat petugas kesulitan mencapai sumber api di kamar penumpang VIP dek 3.

Petugas pemadam kemudian menggunakan unit mobil tangga darurat untuk menjangkau titik api. Tim Damkar dan relawan kemudian mampu menangani kebakaran pada pukul 11.50 WITA.

Kapten Kapal KM Pantokrator, Oktavianus saat ditemui di sela upaya pemadaman api mengatakan, api tiba-tiba muncul saat dirinya ada di atas kapal.

Octavianto nyatakan bahwa dirinya menerima laporan dari ABK yang ada di sekitarnya. ABK curiga dengan kemunculan asap tebal dari dalam kamar.

Ketika ABK membuka kamar tersebut, api tampak membesar dan tidak mampu ditangani.

“Dari kamar Kelas VIP, Kamar 302. Yang pertama kali lihat asap ABK dek. (Penyebabnya) belum tahu. Tiba-tiba sudah penuh asap,” ujar Octavianto.

Kebakaran Kamar VIP di KM Pantokrator tersebut mendapat penanganan langsung dari pihak kepolisian. Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli bahkan langsung berada di lokasi kejadian sesaat setelah menerima kabar adanya kebakaran tersebut.

Ditemui di lokasi kejadian, Kombes Pol Ary Fadli menyatakan, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan terkait insiden kebakaran di atas kapal penumpang KM Pantokrator tujuan Samarinda-Pare-Pare tersebut.

“Sementara masih proses penyelidikan. Informasi sementara yang kita dapatkan, awal api berasal dari kamar penumpang VIP. Namun, asal api belum kita tahu penyebabnya,” ujar Kombes Pol Ary Fadli.

Dalam upaya penyelidikan lanjutan, pihak KM Pantokrator membatalkan keberangkatan kapal. Semula, kapal akan berangkat pukul 14.00 WITA menuju Pelabuhan Nusantara, Pare-pare, Sulawesi Selatan batal.

Penumpang yang batal berangkat dengan KM Pantokrator dialihkan dengan kapal lain yang akan berangkat Kamis 27 Januari 2022 siang.

Pihak KM Pantokrator hingga Rabu petang masih melakukan pendataan ulang terhadap penumpang yang batal berangkat tersebut. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com