IPA Sungai Kapih Samarinda Resmi Beroperasi

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, meresmikan operasional instalasi pengolahan air bersih (IPA) milik Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda di Sungai Kapih, di Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis 4 November 2021. IPA kapasitas 200L/detik ini diproyeksi mampu melayani 10 ribu sambungan pipa secara bertahap.

Wali Kota Andi Harun didampingi Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi, menandai peresmian IPA dengan pelepasan balon ke udara. Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah kota Samarinda, Sugeng Chairuddin dan jajaran direksi Perumdam Tirta Kencana.

Distribusi air dari IPA Sungai Kapih diproyeksi akan mengalir ke wilayah kelurahan Sungai Kapih, Sungai Dama, Sambutan, dan sekitarnya.

Menurut Wali Kota Andi Harun, IPA yang berlokasi di sisi Sungai Mahakam bawah jembatan Achmad Amins itu belum sepenuhnya mengalir 200 liter per detik. Alaannya, optimalisasi distribusi air masih menunggu pemasangan pipa.

“Tetapi produksinya sudah 200 liter per detik. Masih menunggu penyambungan pipa,” ujar Wali Kota Andi Harun menjelaskan.

Pembangunan IPA Sungai Kapih menggunakan dana sharing dari pemerintah kota Samarinda, bantuan keuangan Provinsi Kaltim, dan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp152 milyar.

Menurut Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi, operasional IPA Sungai Kapih iharapkan mampu memberikan tambahan pemaangan jaringan baru. Masyarakat patut bersyukur karena pada gilirannya akan mulai menikmati air.

”Bagi masyarakat yang tertunda pemasangannya selama ini, insyaallah segera akan tersambung. Semoga semua berjalan lancar dan PDAM terus memperbaiki kinerja untuk melayani masyarakat,” ujar Subandi. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status