Clicky

Warga Samarinda Diimbau Salat Iduladha di Rumah Masing-Masing

KLIKSAMARINDA – Pemkot Samarinda mengimbau warga agar menjalankan ibadah salat Iduladha di rumah masing-masing. Menurut Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, imbauan tersebut berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE 16 Tahun 2021 Tentang Pentunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi di Luar Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kagiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Tanggal 2 Juli 2021.

Mempertegas edaran Menteri Agama, Wawali Rusmadi memimpin pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samarinda, Kamis, 15 Juli 2021. Dalam pertemuan tersebut, seluruh pemangku kebijakan yang hadir membahas persiapan perayaan hari raya Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 yang tengah mengalami peningkatan kasus.

“Dalam rangka Pencegahan Penyebaran/Penularan Covid-19 di Samarinda, Pemkot Samarinda menyampaikan kepada seluruh umat muslim di Samarinda beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Antara lain, melaksanakan Salat Idul Adha sebaiknya di rumah masing-masing,” ujar Wawali Rusmadi.

Menurut Wawali Rusmadi, jika tetap melaksanakan Salat Idul Adha di masjid, langgar, atau lapangan, maka harus memenuhi standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yaitu memakai masker, menjaga jarak minimal 1 (satu) meter, mencuci tangan, serta jumlah jamaah yang hadir maksimal 50 persen kepasitas tempat salat.

“Kedua, panitia Idul Adha memastikan bahwa yang hadir salat Idul Adha benar-benar dalam keadaan sehat,” ujar Wawali Rusmadi.

Ketiga, penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan di rumah pemotongan hewan (RPH). Atau di tempat lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Keempat, pembagian hewan Qurban dilakukan dengan cara mengantarkan langsung ke rumah yang berhak oleh petugas untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Kelima, dilarang untuk melakukan takbiran keliling.

Selain itu dibahas ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting) dan harga. Kesiapan PDAM, PLN, dan terkait keamanan, ketertiban masyarakat. (*)

DMCA.com Protection Status