Kisah Jamil dengan Suara Emas Jadi Juara 1 MTQ ke-43 Kota Samarinda

Muhammad Jamil, Juara 1 MTQ tingkat Tuna Netra Kota Samarinda. saat duduk di pangkuan orang tua. (Foto: Pia)

KLIKSAMARINDA – Keterbatasan fisik ternyata tidak menjadi penghalang untuk berprestasi dan membanggakan banyak orang.

Seperti Muhammad Jamil, warga Jalan Suryanata, Kecamatan Samarinda Ulu. Anak berusia 10 tahun ini berhasil memukau para juri MTQ ke-43 di Stadion Segiri Samarinda lewat suaranya.

Jamil yang tercatat sebagai pelajar Sekolah Luar Biasa Pelita di Jalan Kesejahteraan Samarinda ini mampu meraih Juara 1 MTQ tingkat Tuna Netra Kota Samarinda.

Keberhasilan Jamil menjuarai MTQ tingkat tuna netra Se Samarinda membuat Erwan, orang tua Jamil, bahagia.

Jamil pun mendapatkan penghargaan langsung dari Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Ditemui usai mendapatkan penghargaan pada malam penutupan MTQ Samarinda ke-43, Sabtu 5 Februari 2022, Erwan mengaku tidak menyangka anak ke-5 dari tujuh bersaudara ini mampu meraih posisi juara di MTQ tingkat Kota Samarinda.

“(Saya) tidak menyangka (jika) ketekunan Jamil belajar Al Qur’an akhirnya membuahkan hasil. Saya senang sekali Jamil bisa membanggakan keluarganya,” ujar Erwan sambil memangku Jamil yang tersenyum bahagia.

Erwan yang sehari-hari berprofesi sebagai pengemudi ojek online ini berharap anaknya bisa terus berprestasi. Harapan Erwan, tidak hanya tingkat kota, namun Jamil juga bisa berprestasi di tingkat propinsi bahkan hingga ke tingkat nasional.

Dari kisah yang disampaikan Erwan, Jamil belajar membaca Al-Qur’an sejak berumur 6 tahun. Saat itu, Jamil belajar membaca Alquran dan menjadi santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPA.

Namun, sejak Jamil mendapat amanah untuk menjadi peserta dalam MTQ ke-43 tingkat Kota Samarinda, secara khusus Jamil belajar membaca Alquran kepada seorang guru mengaji bernama Arbayah.

“Suara emasnya ternyata membuat Ibu Arbayah terpikat. Kemudian Ibu Arbayah memberi perhatian khusus untuk Jamil. Selama 6 bulan, Ibu Arbayah mempersiapkan Jamil agar bisa ikut menjadi salah satu peserta MTQ ke-43,” ujar Erwan.

Erwan bersyukur sekaligus bangga bahwa usaha Jamil dan Ibu Arbayah berbuah manis. Jamil kini telah menjadi juara 1 MTQ tingkat Tuna Netra Tingkat Kota Samarinda.

Jamil tampil sebagai yang terbaik dari puluhan peserta lainnya dari perwakilan kecamatan di Samarinda.

Kini warga Jalan Suryanata, Samarinda, itu berharap agar Muhammad Jamil bisa terus menggapai cita-citanya menjadi tilawah internasional serta menjadi hafidz Al-Qur’an.

MTQ ke-43 tingkat Kota Samarinda ini telah berlangsung selama sepekan sejak 29 Januari-5 Februari 2022. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status