TNI Bangun Posko Aju di Lokasi IKN Nusantara Kaltim

KLIKSAMARINDAPemerintah mulai menjalankan proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Pembangunan sejumlah penunjang seperti pembukaan lahan berlangsung untuk mendukung proyek pembangunan IKN Nusantara.

Pembukaan lahan itu antara lain memindahkan kayu pohon ekaliptus di sekitar lokasi inti pembangunan IKN Nusantara. Tampak sejumlah alat berat mulai beroperasi untuk membuka akses jalan dan jembatan di lokasi IKN Nusantara.

Pembangunan IKN Nusantara yang semakin massif ini membuat TNI dari Kodam VI Mulawarman melakukan pengamanan proyek pembangunan IKN Nusantara. Langkah pertama adalah membangun Pos Komando Aju atau Posko Aju untuk anggota TNI dalam rangka pengamanan proyek IKN.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso pun melakukan kunjungan kerja ke Mako IKN Nusantara, Selasa 5 April 2022. Kunjungan kerja ini sekaligus silaturahmi dengan wartawan Se-Balikpapan dan Samarinda di Posko Kodam VI/Mulawarman IKN Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara.

Menurut Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, adanya posko ini ditujukan untuk menjamin keamanan ketika proses pembangunan IKN Nusantara berlangsung.

Posko yang dibangun merupakan bangunan semipermanen yang berada di lokasi pembangunan Istana Negara nantinya. Posko ini berdiri di dalam bangunan yang terbuat dari kontainer.

“Jadi saya sampaikan tadi secara bertahap. Tahap awal ini memang selain posko di sini. Kita punya koramil di Sepaku. Kita juga punya satu kompi Batalyon 600 Modang di Penajam. Kemudian untuk khusus di sini, kami siapkan 6 SSK. Tapi ini secara bertahap,” ujar Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menambahkan, bangunan posko ini sengaja dibuat semipermanen untuk memudahkan adaptasi dan pemindahan sesuai progres pekerjaan IKN. Posko ini juga nantinya langsung dipimpin Pangdam VI Mulawarman yang setiap saat akan berkantor di sana.

“Melihat dari kemajuan atau tahapan kemajuan dari pembangunan IKN itu sendiri, tadi saya sampaikan pembangunan di posko sendiri setiap saat insidentil. Saya bisa berkantor di sini dengan staf. Tapi di sini, stay satu regu. Untuk melaksanakan patroli, saya rasa itu cukup. Nanti di back up Koramil, Polsek, dan jika ada kemajuan pembangunan di sini, bisa satu pleton,” ujar Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Posko Aju saat ini berada sekitar 3 kilometer dari jalan masuk menuju ke IKN Nusantara. Lokasinya berada di perbukitan dan dibangun di lahan seluas 1800 meter persegi.

Meski berada di tengah hutan, Posko Aju sudah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang. Antara listrik yang dipasok PLN serta sumber listrik genset. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com