Clicky

Rakerwil APEKSI Kalimantan, Momentum Perkokoh IKN Kaltim

KLIKSAMARINDA – Momentum Rapat Kerja Wilayah V Region Kalimantan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Samarinda menjadi arena untuk memperkokoh realisasi wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam pembukaan Rakerwil APEKSI, Jumat, 5 November 2021, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi menyatakan Rakerwil APEKSI Region Kalimantan di Samarinda menjadi tonggak istimewa bagi Kalimantan Timur.

Sejak penentuan IKN Kaltim oleh Presiden RI pada Senin, 26 Agustus 2019 lalu di Istana Negara, kolaborasi dan sinergi terus dilakukan pemerintah untuk mewujudkan IKN di Kaltim. Wagub Hadi Mulyadi juga menyatakan ketika IKN diputuskan berada di Provinsi Kalimantan Timur, masyarakat Kaltim mengucapkan terima kasih kepada Presiden.

“Semoga keberadaan Apeksi regional Kalimantan ini bisa menjadi momentum penting dan strategis dalam percepatan pembangunan IKN nanti di Kaltim. Pembangunan harus merata di seluruh Pulau Kalimantan,” ujar Wagub Hadi Mulyadi ketika membuka Rakerwil APEKSI yang mengangkat tema ‘Pemulihan Ekonomi di masa Pandemi Covid -19’.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya menyatakan salah satu pembicaraan dalam raker Apeksi di Samarinda adalah rencana pembangunan lbu Kota Negara (IKN).

Menurut Bima Arya, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur harus menimbang manajemen pembangunan regional. Menurutnya, sangat penting berkaca dari persoalan di kawasan aglomerasi Jabodetabek.

“Belajar dari pengalaman di kawasan aglomerasi Jabodetabek yang punya banyak persoalan transportasi dan lingkungan hidup. Perencanaan pembangunan regional juga penting. Balikpapan, Samarinda, Bontang dan kota-kota di Kalimantan. Pembangunan IKN juga tidak boleh meminggirkan budaya adat lokal. Aset sosial budaya harus tetap dijaga. Ibukota negara harus bisa menjadi miniatur Indonesia yang sesungguhnya,” ujar Bima Arya.

Dihadiri 9 Wali Kota yang berapa di pulau Kalimantan, Wali Kota Samarinda, Andi Harun dalam sambutan selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih kepada para tamu-tamu Apeksi yang sudah 3 hari berada di kota Tepian menjalani rangkaian kegiatan rakerwil.

Melalui Rakerwil APEKSI, Wali Kota Andi Harun mengajak para Wali Kota lainnya agar terus melakukan perbaikan birokrasi dengan menyesuaikan keadaan teknologi dan informasi saat ini.

“Kalau kemampuan beradaptasi birokrasi kita, dinas kita, kantor badan kita mengalami perlambatan, sementara teman-teman di komunitas, beradaptasi secara cepat, bukan tidak mungkin suatu hari nanti, birokrasi kita akan jauh ketinggalan,” ujar Wali Kota Andi Harun. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com