News

Optimisme Wali Kota Andi Harun Wujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, optimis tentang kemajuan Kota Tepian setelah menerima penghargaan sebagai kota paling layak huni di Indonesia dari Ikatan Ahli Perencanaan (IAP). Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Samarinda yang turut mendukung pembangunan kota tersebut.

Momentum Hari Jadi Samarinda dan HUT Pemkot Samarinda memberikan keyakinan bahwa Samarinda memiliki potensi besar untuk berkembang. Wali Kota Andi Harun menyatakan komitmen Pemkot Samarinda untuk membagikan manfaat pembangunan kepada masyarakat, mencakup aspek ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

“Samarinda meraih peringkat pertama di Kalimantan Timur dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan dari Kementerian Dalam Negeri. Kami bangga dengan prestasi ini dan menunjukkan dedikasi Pemkot Samarinda terhadap promosi mutasi pegawai yang objektif dan profesional,” ujar Wali Kota Andi Harun, Minggu 21 Januari 2024.

Penghargaan ini menunjukkan komitmen pemerintah Kota Samarinda untuk meningkatkan kualitas hidup warganya melalui berbagai program pembangunan. Salah satu fokus utama adalah memperbaiki infrastruktur kota agar menjadi lebih nyaman dan ramah lingkungan.

Selain itu, Wali Kota Andi Harun juga menekankan pentingnya transformasi digital sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Beberapa kelurahan dan kecamatan telah diubah menjadi Kantor Layanan Pemerintah Digital (KLPD), dengan rencana pembangunan lebih lanjut di masa depan.

“Teknologi digital harus dimanfaatkan untuk mempercepat proses administrasi dan pengawasan. Semua layanan publik harus dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh masyarakat,” ujar Wali Kota.

Transformasi digital ini diharapkan dapat membuat proses administrasi pemerintahan lebih efisien. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses berbagai layanan dengan lebih praktis melalui platform digital.

Orang nomor satu di Kota Tepian ini yakin bahwa Samarinda akan berhasil menyelesaikan program infrastruktur yang direncanakan serta mengatasi permasalahan banjir sebelum tahun berakhir.

Program infrastruktur itu antara lain restrukturisasi Pasar Pagi, revitalisasi Teras Mahakam, pembangunan terowongan Jalan Kakap untuk mengurai kemacetan, revitalisasi Stadion Segiri, dan normalisasi drainase.

“Kami memiliki rencana konkret untuk mengendalikan banjir hingga tahun 2024,” ucap Wali Kota Andi Harun.

Masalah banjir memang menjadi salah satu tantangan utama Kota Samarinda. Oleh karena itu, normalisasi drainase menjadi program prioritas untuk mengatasi genangan air saat musim hujan. Pemkot berupaya memperbaiki sistem drainase yang sudah ada dan membangun drainase baru di beberapa titik rawan banjir.

Selain itu, berbagai program revitalisasi fasilitas umum seperti Pasar Pagi dan Stadion Segiri bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan warga Kota Samarinda. Pasar Pagi merupakan pusat perbelanjaan yang sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Sementara Stadion Segiri kerap digunakan untuk venue berbagai event olahraga.

Dengan berbagai inisiatif pembangunan dan fokus pada transformasi digital tersebut, Pemkot Samarinda meyakinkan bahwa kota ini siap menghadapi masa depan yang lebih cerah. Pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas layanan publik diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial dan ekonomi warga Kota Samarinda.

Sejumlah pencapaian dan penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi pemerintah Kota Samarinda untuk terus berupaya mewujudkan Samarinda sebagai kota madani yang makmur, nyaman, dan bermartabat. Semua elemen masyarakat diharapkan turut berperan aktif mendukung berbagai program pembangunan demi masa depan Kota Samarinda yang lebih baik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status