News

Keunggulan Aplikasi Sikerja Samarinda Dukung Kerjasama Antardaerah Pertama di Indonesia

KLIKSAMARINDA – Pemkot Samarinda meluncurkan aplikasi Sikerja Samarinda, Kamis 15 Desember 2022. Aplikasi Sikerja Samarinda merupakan hasil inovasi dan pengembangan untuk memudahkan pelayanan kerjasama antardaaerah.

Sikerja Samarinda merupakan akronim dari Sistem Kerja Sama Daerah. Aplikasi Sikerja Samarinda ini dikembangkan oleh bagian Kerjasama Sekretariat Kota Samarinda.

Perencanaan Aplikasi Sikerja ini membutuhkan waktu 1 bulan dan pembuatan sistemnya memakan waktu 7 minggu.

Kini, aplikasi Sikerja dapat diakses melalui web browser dengan alamat url sikerja.samarindakota.go.id.

Aplikasi Sikerja Samarinda ini memuat seluruh proses dan tahapan bisnis penyelenggaraan kerjasama daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Kedua peraturan itu mengatur tata cara kerjasama daerah dengan daerah lain, pihak ketiga, serta penjelasan terkait Perda Nomor 7 tahun 2020 tentang kerjasama daerah.

Kepala Bagian atau Kabag Kerjasama Sekretariat Kota Samarinda, Idfi Septiani menjelaskan, alasan merancang sistem ini adalah adanya peningkatan tawaran kerjasama dari daerah lain kepada Samarinda dalam sembilan bulan terakhir.

Hal ini juga tak lepas dari letak Samarinda sebagai ibu kota provinsi Kaltim dan kota penyangga IKN yang menjadi daya tarik bagi daerah lain agar bisa melakukan kesepakatan di berbagai bidang melalui hubungan kerjasama.

Idfi Septiani menerangkan, aplikasi Sikerja Samarinda memiliki tujuh keunggulan.

“Keunggulan dari sistem tersebut dapat diakses secara online, mudah, sederhana, transparan, akuntabel, reliability dan responsive. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan fasilitasi penyelenggaraan kerjasama daerah, memudahkan pemantauan proses fasilitasi kerjasama dan monitoring serta pencarian data, dan juga seluruh proses kerjasama tercatat secara digital,” ujar Idfi Septiani dalam keterangan tertulisnya.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun meluncurkan aplikasi Sikerja Samarinda Kamis sore, 15 Desember 2022 di gedung Balai Kota.

Dalam arahan, Wali Kota Andi Harun mengatakan kehadiran aplikasi Sikerja sebenarnya sebagai upaya dalam menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

Wali Kota Andi Harun menyatakan, Pemkot Samarinda, melalui Perumda, sudah melakukan langkah kerjasama dengan berbagai bidang.

Kerjasama itu mulai dari bidang bisnis treding batubara hingga kerjasama dengan daerah lain terkait penyediaan bahan pangan.

Kerjasama antardaerah itu sendiri merupakan bentuk gotong royong yang perlu terus dilakukan. Terutama bagi Indonesia sebagai strategi yang baik dalam menghadapi krisis saat ini dan menjadikannya sebagai budaya gotong royong yang telah dianut warga.

“Karena tidak ada yang bisa kerja hebat sendiri tanpa adanya kerjasama. Jadi kuncinya di sini adalah kolaborasi dan bersinergi yang bisa membuat kita kuat dan bertahan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Apresiasi atas kehadiran aplikasi Sikerja ini datang dari Kasubdit Kerjasama Dirjen Dekonsentrasi Tugas Perbantuan dan Kerja Sama Kementerian Dalam Negeri, Bimo Aryo Tejo.

Menurut Bimo, terobosan yang telah dilakukan Pemkot Samarinda dengan membangun sistem tadi untuk mempermudah penyelenggaraan kerjasama daerah dengan daerah lain, pihak ketiga dan sinergi dengan pemerintah pusat.

“Harus diakui inovasi ini baru pertama kalinya di Indonesia, jadi Pemkot Samarinda perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat,” ujar Bimo yang menyaksikan peluncuran aplikasi melalui daring.

Sebagai sebuah aplikasi digital, sebelum menggunakan Sikerja Samarinda, setiap pengguna harus melakukan pendaftaran di Single-sign-on.

“Untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya di dalam aplikasi kami, Anda diharuskan memiliki akun SSO terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki akun anda dapat registrasi terlebih dahulu,” demikian keterangan yang diakses dari laman https://sikerja.samarindakota.go.id/login.

Teknologi Single-sign-on (sering disingkat menjadi SSO) adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses aplikasi dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja.

Teknologi ini sangat diminati, khususnya dalam jaringan yang sangat besar dan bersifat heterogen (di saat sistem operasi serta aplikasi yang digunakan oleh komputer adalah berasal dari banyak vendor, dan pengguna dimintai untuk mengisi informasi dirinya ke dalam setiap platform yang berbeda tersebut yang hendak diakses oleh pengguna).

Dengan menggunakan SSO, seorang pengguna hanya cukup melakukan proses autentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan yang terdapat di dalam jaringan. (*)

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status