News

Kebakaran Kafe The Baritone Samarinda Diduga Karena Tabung Gas Bocor

KLIKSAMARINDA – Kebakaran kafe The Baritone Samarinda terjadi Sabtu 30 Desember 2023. Kafe di Jalan Sirad Salman, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, ini dilaporkan mengalami kebakaran sekitar pukul 09.35-10.05 Wita.

Berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Samarinda, kebakaran Kafe The Baritone Samarinda terjadi pada dapur kafe seluas 4×3 meter persegi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Diduga penyebab kebakaran Kafe The Baritone Samarinda berasal dari tabung gas yang bocor dan api merambat ke kompor. Namun, penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan pihak kepolisian untuk memastikan penyebab pastinya.

Dalam memadamkan api saat kebakaran Kafe The Baritone Samarinda, petugas damkar mengerahkan personel dan peralatan dari Posko Pemadam Kebakaran 3 yang berada di wilayah Samarinda Ulu. Mereka menurunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran (fire truck) ke lokasi kejadian.

Tidak hanya itu, upaya pemadaman kebakaran Kafe The Baritone Samarinda juga didukung petugas dari kesatuan Pemadam Kebakaran (PK) swasta di Samarinda, relawan siaga bencana serta OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.

Dari sisi keamanan, Polsek Samarinda Ulu langsung mengerahkan anggotanya beserta Bhabinkamtibmas dan patroli Polisibeat 110 untuk pengamanan di sekitar lokasi kebakaran.

Sementara itu, dari sisi medis dan kesehatan, bantuan diberikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), tim Samarinda Siaga 112, Emergency Medical Team serta Indonesian Escorting Ambulance. Mereka siap memberikan pertolongan jika diperlukan.

Kapolsek Samarinda Ulu Kompol Yasir menghimbau warga dan pelaku usaha untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran. Terutama terkait penggunaan kompor gas dan instalasi listrik yang harus dipastikan aman sesuai standar yang berlaku.

“Kami masih melakukan penyelidikan terkait kejadian kebakaran, dan kami juga sudah minta keterangan beberapa saksi di sekitar lokasi kejadian,” ucap Kapolsek.

Dengan kerja sama semua pihak, insiden kebakaran kafe ini dapat diselesaikan dalam waktu 30 menit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetap saja tentu menimbulkan kerugian materiil bagi pemilik kafe. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status