Clicky

Minggu, 24 Januari 2021

Hari Ibu, Tabur Bunga di TMP Samarinda

KLIKSAMARINDA – Peringatan Hari Ibu atau PHI ke-92 Pemprov Kaltim melalui Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) bersama organisasi perempuan, diantaranya Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), dan BKOW Kaltim melakukan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Senin 21 Desember 2020.

Plt Kepala Dinas KP3A Kaltim Zaina Yurda selaku Pimpinan Rombongan menyatakan, ziarah dan tabur bunga ini untuk mengenang jasa-jasa, sebagai tanda penghormatan, dan penghargaan kepada para pahlawan, termasuk pahlawan perempuan, baik yang berjuang untuk bangsa maupun pahlawan yang berjuang dalam keluarga.

Menurut Zaina Yurda, pada masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, beban keluarga menjadi lebih besar dan kompleks. Peran perempuan dalam kondisi pandemi seperti ini di tuntut untuk memiliki peran yang lebih besar dan mampu beradaptasi di berbagai situasi.

Point of View:  Gara-Gara Box Sterilisasi Uang, Dapat Penghargaan Dari Panglima TNI

“Selain itu, perempuan sebagai istri juga sebagai guru dan sebagai konselor bagi anak anaknya harus selalu memenuhi protokol kesehatan, ibu juga di tuntut mempunyai kemampuan IT yang tinggi untuk mendampingi anak anak belajar secara daring di rumah,” ujar Zaina Yurda melalui rilis.

Zaina Yurda berharap, perempuan semakin berdaya dan dapat merasakan pembangunan yang setara. Karena itu, PHI ke-92 adalah penghargaan bagi perempuan atas peran dan kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, dan negaranya. Diharapkan perempuan masa kini pun bisa melanjutkan perjuangan kaum perempuan melalui kontribusinya pada pembangunan bangsa.

Zaina Yurda juga mengatakan ziarah ke makam pahlawan untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Spirit tersebut yang ingin ditanamkan kepada seluruh perempuan agar dapat berkontribusi pula dalam mengisi pembangunan khususnya pembangunan di Kaltim.

Point of View:  Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang Dinyatakan Negatif Covid-19

Zaina Yurda juga meminta bagaimana perempuan bisa meningkatkan kualitasnya sebagai garda terdepan dalam hal ini di lingkungan keluarga sebagai seorang istri, guru dan konselor yang juga diharuskan untuk memiliki IT yang tinggi mendampingi anak-anak khususnya belajar dirumah dan juga bisa membantu mengelola menyiapkan dalam kehidupan keluarganya.

Diakuinya, dalam kondisi era new normal cukup sulit, karena keluarga yang biasanya beraktivitas di luar pada era kebiasaan baru mereka harus beraktivitas di dalam.

“Peran Ibu itulah yang menjadi satu hal yang penting agar bisa menjadi penyemangat, panutan serta membantu dalam pelaksanaan new norma,” ujar Zaina Yurda.

Ketua Dharma Wanita Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Suhelni, turut mengikuti ziarah makam pahlawan rangkaian Peringatan Hari Ibu ke 92 tingkat Provinsi Kaltim, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Samarinda. Suhelni turut melakukan ziarah makam dan tabur bunga bersama Gabungan Organisasi Wanita di Provinsi Kalimantan Timur yang dipimpin Plt. Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Zaina Yurda.

Point of View:  Investasi di Kalimantan Timur Lampaui Target

Suhelni mengaku bersyukur dapat mengikuti seluruh rangkaian Hari Ibu ke 92 tingkat Provinsi Kaltim seperti rapid test bagi kaum ibu, termasuk kegiatan ziarah makam pahlawan dan tabur bunga kali ini.

“Ini sebagai bentuk penghargaan kita kaum perempuan terhadap para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa raga untuk merebut kemerdekaan. Dan semoga momen peringatan hari ibu meningkatkan semangat kaum ibu untuk turut berkiprah mendukung pembangunan di Kaltim yang lebih baik,” ujar Suhelni. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com