News

Dibayar Lunas, 3 Peternak Sapi Mugirejo Samarinda Langsung Bayar Cicilan Bank

KLIKSAMARINDA – Setelah menunggu 2 tahun melewati proses panjang, 3 peternak sapi warga Lubuk Sawah, Kelurahan Mugirejo, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) bisa bernapas lega.

Tiga peternak sapi Lubuk Sawah ini telah menerima pembayaran jual beli sapi dari pembeli sapi kurban bernama Suriansyah.

Menurut Ketua RT 17, Desa Lubuk Sawah, kelurahan Mugirejo, Samarinda Ulu, Gunanto, pembeli sapi kurban telah membayar uang sebesar Rp414 juta.

Pembayaran itu dilakukan Suriansyah di ruang Kapolsek Sungai Pinang, Jumat malam, 7 Maret 2023 lalu.

“Jadi kasusnya selesai. Pak Haji Sasa pada Jumat malam lalu sudah mwmbayar cash tunggakannya kepada kami. Alhamdulillah, uangnya sudah digunakan membeli bibit sapi untuk persiapan Lebaran Haji 2023,” ujar Gunanto kepada Klik Samarinda di kediamannya, Selasa 14 Maret 2023.

Atas terpenuhinya pembayaran tersebut, Gunanto juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Samarinda dan jajaran yang telah membantu jalanya proses mediasi antara peternak dan pembeli sapi.

“Ucapan terima kasih secara khusus kami sampaikan kepada Bapak Nurdianto, Kapolsek Pinang, yang dalam beberapa hari kemarin terus berusaha memberikan jalan keluar agar proses mediasi bisa tercapai,” ungkap Gunanto.

Namun, menurut Gunanto, belum semua hak pedagang sapi yang diberikan. Pembayaran baru dilakukan untuk sebagian peternak sapi. Sementara peternak lainnya dalam waktu dekat juga akan diseleaiakan.

“Iya dua tahap, tahap pertama yang dibayarkan adalah kami sebesar Rp417 juta dan sudah diserahkan di Polsek Sungai Pinang. Sementara tahap kedua nantinya akan diselesaikan di Polresta Samarinda nilainya sekitar Rp400 jutaan juga,” ujar Gunanto.

Gunanto mengaku gembira uang pembayaran sapi yang ditunggu selama 2 tahun akhirnya dibayar. Dirinya pun kini bisa membayar tunggakan pinjaman di bank yang sudah 2 tahun tidak dibayar.

“Sebagian saya gunakan untuk modal beli sapi lagi, supaya usaha bisa kembali jalan. Sementara sebagian lainnya saya bayar cicilan Bank yang sudah lama nunggak,” ujar Gunanto.

Hal yang sama diungkapkan Somo Jiman (76), warga RT 17, Kelurahan Mugirejo. Somo Jiman telah menerima uang pembayaran sapi dan langsung dibelikan sapi untuk dirawat dan digemukkan. Nantinya sapi itu akan dijual kembali saat Hari Raya Iduladha 2023 ini.

Somo Jiman mengaku kapok menjual kepada pihak yang mengutang pembayaran. Ke depan, peternak sapi ini hanya berani melakukan jual beli sapi kepada pihak yang bersedia membayar secara tunai atau cash.

“Alhamdulillah mau lebaran dapat modal beli sapi. Mudah-mudahan berkah dan saat Lebaran Haji nanti bisa dijual dengan harga yang baik. Kapok jual sapi sama yang ngutang,” ujar Somo Jiman.

Menurut Lurah Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Nur Irwansyah, apa yang dialami para peternak sapi tersebut diharapkan tidak terjadi lagi. Nur Peternak harus waspada kepada siapa menjual sapinya.

“Jangan karena terkenal di media sosial, karena dermawan, lalu peternak percaya. Jadi harapannya ini tidak terjadi lagi. Untuk yang belum dibayar, harap bersabar. Kami dari kelurahan akan terus mengupayakan membantu proses pembayaran agar segera dilaksanakan,” ujar Nur Irwansyah di sela-sela kunjungan ke rumah Gunanto.

Saat ini ada dua kasus lambat pembayaran ayang dialami peternak yang juga warganya, pemerintah kelurahan akan terus berupaya membantu agar proses penbayaran bisa segera dilakukan oleh pembeli.(Suriyatman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status