News

Dana APBN IKN Nusantara 2023 Rp30 T, Perjuangan Gubernur Kaltim Diklaim Berhasil

KLIKSAMARINDA – Rencana pemerintah dalam realisasi megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai menyasar kebutuhan anggaran. Dalam jangka pendek, pemerintah telah menganggarkan biaya Rp27 triliun-Rp30 triliun untuk pembangunan IKN Nusantara.

Anggaran tersebut, menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, merupakan dana alokasi untuk belanja pembangunan IKN.

Dana tersebut untuk pembangunan infrastruktur dasar, sejumlah kantor pemerintahan, dan fasilitas pendukung kebutuhan masyarakat, pendidikan dan kesehatan, termasuk pertahanan dan keamanan.

Menteri Sri Mulyani menyatakn, dana APBN 2023 yang akan digelontorkan untuk pembangunan tersebut mencapai antara Rp27 triliun-Rp30 triliun.

“Di dalam APBN tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan untuk ibu kota negara baru yaitu antara Rp27 triliun hingga Rp30 triliun,” ujar Sri Mulyani bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat memberikan keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah dan Pagu Indikatif Tahun 2023 di Kantor Presiden, 14 April 2022.

Pembangunan IKN Nusantara di dua wilayah Kaltim, yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tersebut akan berlangsung dalam 5 tahap.

Tahap pertama dimulai tahun 2020 hingga tahun 2024. Untuk tahap pertama itu, Pemerintah berencana menggunakan dana APBN 2023.

Sebelumnya, pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) yang menjadi dasar pembangunan IKN Nusantara.

Dengan adanya alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat, Pemprov Kaltim, melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, Sri Wahyuni menyambut baik rencana alokasi anggaran tersebut.

Menurut Sri Wahyuni, alokasi anggaran itu menandakan pembangunan IKN Nusantara di Kaltim segera dilakukan. Sri Wahyuni menambahkan, Pemprov Kaltim mengapresiasi penetapan alokasi itu.

Sri Wahyuni menyatakan, pembangunan IKN Nusantara akan memberikan dampak ekonomi bagi Kaltim dan provinsi lain di sekitarnya.

Sri Wahyuni juga menyampaikan bahwa dukungan yang diberikan pusat ini sebagai bentuk kepekaan pemerintah.

“Alhamdulillah dapat juga anggarannya. Artinya, Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi berhasil berjuang di pusat,” ujar Sri Wahyuni melalui keterangan tertulis Humas Pemprov Kaltim, Sabtu 16 April 2022. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status