Pemkot Samarinda Matangkan Tata Ulang Pasar Citra Niaga Tak Mengubah Konsep Lama

Citra Niaga Samarinda

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, bersama jajaran terkait saat meninjau kawasan Citra Niaga Samarinda, Rabu 2 November 2022.

KLIKSAMARINDA – Kawasan Citra Niaga Samarinda terkenal sebagai tempat wisata perbelanjaan khas Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Kawasan Citra Niaga Samarinda juga terbukti telah mendapatkan Aga Khan Award berkat bangunan fisiknya di tahun 1989.

Namun, kini keberadaan kawasan Citra Niaga Samarinda kurang diminati masyarakat. Kondisi ini lantaran bermunculannya pusat perbelanjaan modern seperti mal hingga supermarket.

Meski begitu, saat ini Pemkot Samarinda berencana melakukan penataan ulang Kawasan Citra Niaga Samarinda.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, membeberkan bahwa tim perencanaan sudah hampir mencapai final result atau hasil akhir.

Dikutip dari LPSE Kota Samarinda, Pemkot Samarinda menyiapkan dana untuk redesign kawasan Citra Niaga Samarinda sebesar Rp1,5 miliar. Dana itu untuk menyusun masterplan dan Detail Engineering Design (DED) Citra Niaga.

“Di dalamnya berisi beberapa design perencanaan. Karena di akhir pertemuan itu, saya mencocokan antara keadaan di design dengan lahan atau kondisi saat ini,” ujar Wali Kota Andi Harun saat meninjau kawasan Citra Niaga Samarinda, Rabu 2 November 2022, didampingi Sekretaris Kota Samarinda, Hero Mardanus dan perwakilan instanis terkait.

Berdasarkan pandangannya, dari setiap sudut memang memerlukan perbaikan. Bahkan, Wali Kota Andi Harun mengamati secara detil dan saksama kondisi Citra Niaga Samarinda.

Mulai dari pintu masuk hingga pembangunan trotoarnya. Begitu pula kondisi Pasar Galunggung yang ada di dalam Kawasan Citra Niaga.

“Sengaja saya diam sejenak di sana untuk melihat dari dekat dan membayangkan bagaimana indah dan mewahnya. Walaupun dengan kegiatan renovasi penggunaan trotoar di dalam lingkungan Citra Niaga, Pasar Galunggung dibuat jalan dari arah sungai,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga menyampaikan, Pemkot Samarinda telah mempertimbangkan kawasan parkir agar tidak lagi menggunakan bahu jalan.

Sebab, nantinya akan disiapkan gedung parkir khusus. Termasuk di dalamnya, penataan toilet parkir dan taman.

“Saya pastikan konsep lama yang mendapatkan Award (Aga Khan Award) itu tidak berubah. Apalagi dengan konsep yang kekinian. Jadi spirit tujuannya tidak berubah dengan perpaduan pedagang besar dan kecil, menjadi pusat perekonomian masyarakat, pusat kerajinan, dan oleh oleh Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com