Clicky

TPU Bontang Kuala Over Capacity, Ini Usulan Dewan

Jajaran Komisi III DPRD Bontang bersama Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro, ketika melakukan tinjauan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kelurahan Bontang Kuala (BK), Kecamatan Bontang Utara, Selasa 9 November 2021. Foto-Fn

KLIKSAMARINDA – Jajaran Komisi III DPRD Bontang bersama Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro, melakukan tinjauan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kelurahan Bontang Kuala (BK), Kecamatan Bontang Utara, Selasa 9 November 2021. Tinjauan ini untuk memastikan kondisi dan kapasitas lahan pemakaman di Bontang Kuala tersebut.

Dari hasil tinjauan itu, diketahui jika lahan TPU Bontang Kuala telah penuh. Bahkan, akses jalan di sekitar pemakaman pun telah dijadikan lahan makam.

Setelah melihat kondisi TPU Bontang Kuala, anggota Komisi III DPRD Bontang, Abdul Samad menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang perlu mempersiapkan lahan baru untuk menambah kapasitas TPU di Kota Bontang.

“Lahan pemakaman ini harus segera diperluas. Karena peruntukannya bukan hanya bagi masyarakat sekitar saja,” ujar Abdul Samad.

Jika melihat potensi lahan yang dapat dijadikan TPU, Abdul Samad mengusulkan alternatif kepada Pemkot Bontang. atu lokasi lahan yang layak dipertimbangkan adalah lahan di Jalan Pierre Tendean, Bontang Utara.

Lahan itu terletak di belakang SD Negeri 001, Tugu Selamat Datang Bontang Kuala. Menurut Abdul Samad, lahan tersebut tidak jauh dari TPU Bontang Kuala.

Lahan di Jalan Pierre Tendean memiliki luas 3 sampai 4 hektare. Lahan itu pun telah memiliki akses jalan yang memadai seluas 8 meter.

Abdul Samad menyatakan, lahan itu juga merupakan usulan dari masyarakat Bontang Kuala dan menjadi kesepakatan para tokoh dan ulama. Jika menggunakan TPU di Kelurahan Bontang Lestari, warga merasa terlalu jauh.

“Saya harap pemkot dapat segera merealisasikan usulan ini,” ujar Abdul Samad.

Sementara itu, Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro berharap kunjungan kerja Komisi III DPRD Bontang ke TPU Bontang Kuala dapat menjadi jalan untuk pemecahan masalah keterbatasan lahan pemakaman di Bontang Kuala. Pihaknya pun tetap berupaya untuk mencari solusi terhadap masalah tersebut.

“Semoga dari kunjungan ini segara menemukan solusi. TPU Bontang Kuala ini memang sudah sangat penuh,” ujar Suiza Ixan Saputro. (Fn-Adv)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com