Clicky

Agus Haris Singgung Minimnya Perhatian Pemkot Bontang di Pesisir

Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris -Foto Fn

KLIKSAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Bontang Agus Haris menyoal peran Pemkot Bontang di pesisir. Pasalnya, hingga hari ini, masyarakat di sana dianggap tidak menjadi prioritas dalam setiap implementasi kebijakan eksekutif. Bagi politisi Partai Gerindra tersebut, ada pelbagai persoalan yang terjadi di pesisir.

Diantaranya adalah ketersediaan air bersih, pengentasan kemiskinan, kesempatan bekerja, dan keberlanjutan mata pencarian mereka yang rata-rata merupakan nelayan dan petani rumput laut. “Masyarakat di sana sangat rentan dengan kemiskinan. Masalah ini harusnya menjadi atensi Pemkot Bontang, terutama dinas terkait,” katanya, saat ditemui Klik Samarinda, Selasa 23 November 2021.

Menurut Agus Haris, masyarakat pesisir merupakan bagian penting bagi Kota Taman. Para nelayan di sana, misalnya, berperan dalam memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat. Belum lagi hasil dari budidaya rumput laut yang menjadi salah satu andalan Kota Bontang.

Makanya, jelas Agus Haris, seluruh aspek di pesisir harus masuk dalam program prioritas Pemkot Bontang dibawah kepemimpinan Basri Rase-Najirah. Dia bahkan mendorong, program untuk masyarakat pesisir tersebut dimasukkan dalam RPJMD. “Barangkali bukan hanya saya. DPRD Kota Bontang secara lembaga juga berharap Pemkot Bontang bisa menaruh atensi besar di pesisir. Mereka harus mendapat kehidupan yang layak seperti masyarakat lainnya,” bebernya.

Hal paling penting, tegas AGus Haris, adalah kesempatan masyarakat pesisir mengenyam pendidikan. Hal ini, aku AGus Haris, menjadi salah satu sebab mengapa masyarakat di sana tertinggal. “Pengembangan pendidikan harus diperhatikan di wilayah pesisir. Selama ini saya anggap kurang,” tegasnya.

Agus Haris menyampaikan, untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan pola pikir masyarakat pesisir, Pemkot Bontang harus melakukan respon cepat. Pun, harus pula konsisten agar pengembangan masyarakat di sana bisa lebih baik. “Edukasi bisa diberikan di ruang non formal, bukan hanya di ruang formal,” sebutnya. (fa/adv)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com