Clicky

Minggu, 17 Januari 2021

TPS Ala Wedding di Samarinda Buat Warga Nyaman

KLIKSAARINDA – Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Samarinda berlangsung Rabu, 9 Desember 2020. Dalam pelaksanaannya, Pilkada Samarinda tak lepas dari kreativitas untuk menyemarakkan Pilkada langsung dalam rangka memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda. Lmrahnya, TPS hanya menyediakan tenda dan kursi di bangunan milik warga atau fasilitas publik lainnya.

Namun, tak semua begitu. Sejumlah petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) membuat tempat pemungutan suara (TPS) dengan berbagai konsep dan penampilan. Misal, seperti yang tampak di TPS 23, Jalan Suryanata, Kelurahan Sungai Pinang, Samarinda.

Petugas KPPS di TPS 23 membuat TPS dengan konsep pesta pernikahan di sebuah gudang perusahaan wedding. Gudang perusahaan wedding ini jarang digunakan karena banyaknya orang yang menunda pesta pernikahan selama pandemi Covid-19. Panitia menghiasi TPS dengan hiasan lampu dan bunga.

Point of View:  Polisi Samarinda Bongkar Kasus Uang Palsu

Di TPS 23 yang berada di Jalan Poros Samarinda Tenggarong Kukar ini sedikitnya ada 315 orang akan menyalurkan hak suaranya. Panitia memanfaatkan gudang sebuah perusahaan weding untuk melaksanakan pemungutan suara sesuai protokol kesehatan.

Para pemilih masuk ke TPS 23 melalui pintu masuk khusus yang telah didekor sedemikian rupa dan dibuat untuk kenyamanan warga. Sementara semua petugas KPPS menggunakan batik seragam. Hanya petugas yang menerima surat undangan yang menggunakan baju hazmat sebagai protokol kesehatan.

Point of View:  Rumput Laut Kaltim Tembus Pasar Korea

Para pemilih yang datang selain disuruh mencuci tangan juga dilakukan cek suhu tubuh. TPS dengan pola wedding atau pernikahan ini memberikan suasana nyaman kepada para pemilih.

“Lebih nyaman karena terlindung dan ada pendingin ruangan,” ujar Suprapto, warga Bukit Pinang yang merasa senang dengan TPS yang berkonsep wedding tersebut.

Panitia sengaja membangun TPS dengan konsep wedding ini untuk menarik perhatian warga agar datang ke TPS. Menurut Ketua KPPS TPS 23, Dani, dipilihnya gudang weding ini karena memang sudah menjadi kebiasaan warga. Pada pilkada kali ini warga juga meminta agar gudang ini digunakan dan juga karena akan dikunjungi oleh Gubernur Kaltim.

Point of View:  Update Covid-19 Kaltim, Hari Ini Samarinda Tertinggi Kasus Sembuh

“Agar lebih meriha dan karena hari ini ada kunjungan dari Bapak Gubernur Kaltim,” ujar Dani.

Lurah Sungai Pinang, Eko Purwanto mengatakan pemlihan gudang perusahaan wedding ini sebagai TPS rutin dilakukan setiap pemilu. Pihak panitia bekerja sama dengan perusahaan wedding tersebut agar pelaksanaan Pilkada Samarinda berjalan lancar.

“Alhamdulillah kondisi pemilihannya aman lancar. Kita kerjasama dengan wedding Sengkang. Beliau memberikan swakelolanya kepada kita. Alhamdulillah bisa lancar dan bagus seperti ini. Ini semua tidak ada biaya. Kita sudah diberikan oleh Pak Andi, pemilik gedung ini,” ujar Eko Purwanto. (Jie)