Clicky

Tim SAR Evakuasi Korban Kedua Tanah Longsor Tambang Muara Jawa Kukar

KLIKSAMARINDA – Tim SAR gabungan mengevakuasi Paiman (48), Konsultan Engineering PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) yang menjadi korban tanah longsor di kolam tambang site Desa Air Panas, Teluk Dalam, Muara Jawa, Kukar. Evakuasi berlangsung Senin pagi 25 Oktober 2021 sekitar pukul 06.15 WITA.

Jenazah Paiman kemudian dibawa ke RSUD IA Moies untuk divisum.

”Pukul 06.15 WITA, diterima informasi, tim SAR gabungan menemukan korban Paiman dalam kondisi meninggal dan sudah dievakuasi ke RSIA Moeis,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta, Senin 25 Oktober 2021.

Paiman merupakan korban kedua dalam insiden longsoran tanah di kolam tambang itu. Korban pertama adalah Kepala Teknik Tambang (KTT), Sugiharto (50) warga Jalan Monas, Loa bakung. Korban Sugiharto ditemukan Minggu 24 Oktober kemarin dalam keadaan meninggal dunia.

Sebelum menemukan korban, Tim SAR gabungan melakukan pencarian sejak Minggu 24 Oktober 2021. Petugas mengerahkan alat berat untuk menemukan korban yang diduga terjebak di dalam mobil yang ditumpanginya saat kejadian.

Menurut Melkianus Kotta, Tim SAR gabungan menggunakan pla pencarian pada 2 sektor.

”Pertama, sektor longsor menggunakan alat berat dan sektor kolam yang menggunakan rubber boat dengan keliling sejauh 1.26 kilometer,” ujar Melkianus Kotta.

Tanah longsor di area tambang PT Kaltim Batu Manunggal (KBM), Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur itu terjadi Minggu dini hari, 24 Oktober 2021, sekitar pukul 02.00 Wita.

Dua orang karyawan PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) yang berada di dalam mobil diduga terseret dan tertimbun tanah longsor hingga masuk ke dalam lubang tambang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status