Tanah Longsor di Pelita 4 Sambutan, BPBD Samarinda dan Aparat Sigap Bantu Warga

KLIKSAMARINDA – Musibah tanah longsonr kembali terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Kali ini tanah longsor terjadi Minggu, 20 Maret 2022, pukul 13.35 WITA, setelah Samarinda diguyur hujan sejak Minggu pagi.

Tanah longsor ini menimpa sebuah rumah di wilayah RT 26 Jalan Pelita 4, Blok G-3, Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan. Rumah tersebut merupakan milik Sutiadi yang terletak di samping tanah landai.

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda lalu sigap dan mendatangi lokasi longsor. Saat di lapangan, petugas BPBD Samarinda melihat kondisi rumah Sutiadi mengalami rusak pada bagiaan pagar beton pembatas.

“Pengecekan tanah longsor di ujung Jalan Pelita 4, Blok G-3, Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan. Dampak 1 rumah Sutiadi mengalami rusak di bagian pagar beton pembatas dan dinding jebol,” ujar Petugas Pengawas Bencana Wilayah (PPBW) Sambutan, Maulana Firdaus.

Maulana Firdaus menerangkan tak ada korban jiwa akibat tanah longsor tersebut. Pihaknya bersam relawan dan warga setempat langsung melakukan koordinasi bersama pihak RT.

“Kami juga menghimbau kepada pemilik rumah untuk mengungsi. Kondisi tanah labil dan masih bergerak,” ujar Maulana Firdaus.

Selaain petugas BPBD Samarinda, di lokasi ada ketua RT Setempat,- Lurah Kelurahan Sambutan, anggota Babinsa Kelurahan Sambutan, Relawan Ariesco dan LSM Pelik, dan relawan Sei Lais.

Setelah melakukan pengecekan, petugas BPBD bersama aparat setempat melakukan pembersihan tanah longsoran dari rumah warga yang terdampak, Minggu sore.

Antara lain dibantu Babinsa Kelurahan Sambutan Koramil 0901-05/Samarinda Utara, Serka Bayu Asmara untuk menyingkirkan tanah longsor akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status