Clicky

SKK Migas Wilayah Kalimantan Sulawesi Sumbang Mobil Jenazah di Kukar

KLIKSAMARINDA – Kepedulian SKK Migas melalui Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) ditunjukkan dengan memberikan sebuah mobil jenazah di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Penyerahan unit pengantar jenzah itu dilakukan kepada RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti (Abadi) Samboja, Kamis pagi, 12 Mei 2022, di kawasan Central Business District (CBD) Tenggarong.

Dalam kesempatan tersebut, SKK Migas Kalsul juga menyerahkan bantuan secara simbolis untuk pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Bantuan dari SKK Migas Kalsul itu mendapatkan respon positif dari Direktur RSUD Abadi Samboja, dr. Sugiyarti. Menurut dr. Sugiyarti, mobil jenazah yang mereka terima sudah sesuai standar Kementerian Kesehatan.

“Mobil jenazah ini merupakan mobil jenis dobel gardan lengkap dengan interior dan keranda jenazahnya. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk evakuasi dalam kondisi-kondisi lain selain mengangkut jenazah,” ujar dr. Sugiyarti.

Mobil jenazah itu itu dilengkapi tempat duduk yang bisa dimanfaatkan untuk evakuasi bencana atau keadaan darurat. Kelengkapan mobil tersebut juga sesuai dengan wilayah Samboja dan sekitarnya yang memiliki wilayah perbukitan.

Kondisi geografis pedalaman Samboja yang berbukit-bukit itu menjadikan kendaraan biasa sulit untuk menjangkau wilayah-wilayah pedalaman.

Tak hanya itu, dr. Sugiyarti juga menyatakan bahwa selama ini pihak RSUD Abadi Samboja hanya memiliki satu mobil jenazah. Kendaraan tersebut juga sudah mengalami penurunan kondisi layak pakai.

Kondisi sulitnya kendaraan pun pernah terjadi saat kasus konfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia di wilayah Samboja beberapa waktu lalu meningkat. Akibatnya, RSUD Abadi Samboja terkendala sarana pengangkutan jenazah.

Pihak RSUD Abadi Samboja pun kemudian mengajukan permintaan bantuan kepada SKK Migas Kalsul untuk pengadaan mobil jenazah tersebut.

“Setelah diskusi dengan SKK Migas, terbit rencana memberikan bantuan. Tadi sudah disampaikan karena kendala pemesanan dan unit yang tersedia. Hari ini ada di sini,” ujar dr. Sugiyarti.

Kepala Perwakilan SKK Migas Kalsul Azhari Idris menyerahkan mobil tersebut kepada Pemkab Kukar diwakili oleh Sekda Kukar, Sunggono. Mewakilai Bupati Kukar Edi Damansyah, Sunggono menyatakan TJSP sebagai social investment strategis.

Menurut Sunggono, dunia usaha bisa menerapkan prinsip-prinsip tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam seluruh rangkaian operasionalnya. Hal itu untuk mendukung berbagai program dan inisiatif pemerintah dalam melakukan pembangunan.

Sunggono berharap agar bantuan-bantuan ini ditingkatkan, terus bersinergi lebih aktif dengan program prioritas daerah, juga komitmen merealisasikan program/kegiatan TJSP secara konsisten dan konstruktif.

“Saya yakin program CSR/TJSP akan mendapat kepercayaan masyarakat jika dikembangkan melalui contoh nyata yang baik,” ujar Sunggono.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalsul, Azhari Idris mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah dilakukan bersama Pemkab Kukar. Azhari Idris juga meminta maaf karena mobil jenazah memerlukan waktu dalam pemesanan agar sesuai dengan standar Kemenkes.

“Hampir seluruh rumah sakit di Indonesia memesan mobil jenazah berstandar seperti ini. Alhamdulillah saat ini bisa terealisasi walau agak lama mendapatkannya,” ujar Azhari Idris. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com