News

Sekda Berau Dilantik Setelah 10 Bulan Jabatan Kosong

KLIKSAMARINDAPemerintah Kabupaten Berau melantik Muhammad Said sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) pada Jumat, 27 Oktober 2023. Pelantikan ini mengisi kekosongan jabatan sejak 1 Januari 2023 atau selama 10 bulan lamanya.

Muhammad Said terpilih sebagai Sekda Berau dari 3 nama calon yang diusulkan oleh Panitia Seleksi kepada Bupati Berau Sri Juniarsih Mas selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Penilaian didasarkan atas nilai komulatif tertinggi, di mana Muhammad Said unggul dari 2 calon lainnya, yaitu Maulidiyah dan Andi Marewangeng. Muhammad Said sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Berau.

Ketua Pansel yang juga Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang RB & Keuangan Daerah Diddy Rusdiansyah A.D menjelaskan, ketiga calon merupakan PNS karier Berau yang telah berpengalaman dalam beberapa jabatan strategis (tour of duty).

Menurut Diddy, rekam jejak dan tour of duty sangat berpengaruh dalam membentuk kapabilitas manajerial calon pejabat administrator seperti Sekda. Kedua hal tersebut menjadi faktor penilaian utama dalam seleksi terbuka, di samping pengujian kompetensi.

“Rekam jejak dan pengujian kompetensi adalah 2 faktor penilaian yang saling berkorelasi dan subyektif, yaitu ditentukan sepenuhnya oleh PNS itu sendiri. Hasilnya akan menggambarkan kemampuan manajerial yang dipersyaratkan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon 2),” ungkap Diddy Rusdiansyah.

Sementara itu, dalam sambutan, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menegaskan bahwa pemilihan Muhammad Said semata-mata karena perolehan nilai dan pertimbangan obyektif, bukan karena unsur keberpihakan meski banyak kepentingan terhadap jabatan tersebut. Oleh karena itu, beliau mengikuti rekomendasi panitia seleksi Sekda.

Bupati Berau meminta Sekda baru untuk belajar dari para pendahulunya dan berkoordinasi dengan Forkopimda dalam menjalankan tugas. Sekda diminta fokus merealisasikan program prioritas RPJMD Berau serta meningkatkan kinerja OPD dan pelayanan publik.

Bupati Sri Juniarsih Mas juga mengucapkan selamat kepada Muhammad Said yang telah dilantik sebagai Sekda. Bupati berharap Said dapat melaksanakan amanah yang diberikan sebaik baiknya dengan jabatan karir ASN tertinggi di Kabupaten Berau. “Bangun kebersamaan dan kekompakan dengan seluruh aparatur sehingga maksimal dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

Sri Juniarsih memberikan beberapa atensi kepada Sekda agar bergerak cepat membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Termasuk dengan jajaran DPRD Berau yang menjadi mitra pemerintah daerah. Selain itu juga mendorong peningkatan kinerja organisasi perangkat daerah dalam pengelolaan anggaran dan percepatan pelaksanaan lelang agar pembangunan terlaksana sesuai dengan progres yang telah ditetapkan. “Saya juga meminta sekda yang baru dilantik untuk belajar dengan para senior, para Sekda terdahulu,” sarannya.

Sekda Berau, M Said menegaskan akan memberikan perhatian serius apa yang telah menjadi arahan Bupati Berau. Said meminta dukungan dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) maupun masyarakat dalam melaksanakan tugas mendukung pembangunan dan mewujudkan masyarakat Berau yang sejahtera. “Tentu apa yang menjadi atensi bupati menjadi perhatiab kita semua untuk dilaksanakan dengan baik,” tandasnya.

Pelantikan disaksikan Asisten Pemerintahan Setdaprov Kaltim M. Syirajudin dan Diddy Rusdiansyah selaku pejabat setingkat eselon 2A. Turut hadir forkopimda, pejabat OPD, vertical agency, Sultan Kerajaan Gunung Tabur dan Sambaliung, serta perwakilan camat dan lurah/kepala kampung.

Pelantikan berlangsung di Balai Mufakat Berau pada Jumat siang pasca shalat Jumat. Dengan bergabungnya Sekda baru, roda pemerintahan Kabupaten Berau diharapkan makin solid mendukung program strategis Bupati demi kemajuan daerah. Semoga kepemimpinan baru ini makin memperkuat sinergi antar OPD dan pelayanan publik di Berau. (*)

Back to top button
DMCA.com Protection Status