Bus Kontingen PPU Masuk Jurang Saat Menuju Porprov Kaltim di Berau

bus masuk jurang

Bupati Berau Sri Juaniarsih saat melihat atlet dan official kontingen PPU yang menjadi korban kecelakaan bus, Kamis 17 November 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA – Kecelakaan kendaraan dialami sejumlah kontingen yang tengah melakukan perjalanan darat menuju Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kaltim 2022 di Berau.

Kecelakaan kendaraan itu, antara lain, menimpa kontingen asal Penajam Paser Utara, Kamis pagi 17 November 2022.

Rombongan bus kontingen Penajam Paser Utara (PPU) mengalami kecelakaan lalu lintas di di Jalan Poros Berau-Samarinda, Kampung Long Beliu Kecamatan Kelay.

Bus kontingen PPU terperosok masuk ke dalam jurang sehingga menyebabkan atlet dan pelatih mengalami luka-luka.

Kapolres Berau AKBP Sindhu Brahmarya melalui Kasat Lantas AKP Edo Damara Yudha menjelaskan, bus mengalami out of control masuk ke dalam jurang.

“Saat melalui jalan dengan kondisi tanjakan, sudah dekat puncak kendaraannya tidak mampu lagi dan termundur hingga masuk jurang di pinggir jalan sebelah kiri arah jalan dari Samarinda. Dengan kedalaman sekitar 10 meter,” ujar AKP Edo Damara Yudha melalui keterangan tertulis.

“Kendaraan mengalami kerusakan cukup parah dan ada beberapa penumpangnya yang mengalami luka berat,” ujar AKP Edo Damara Yudha.

Penumpang di dalam bus tersebut berjumlah 20 orang. Mereka merupakan 16 atlet dan 4 official dari cabang olahraga (cabor) taekwondo dan Bridge.

“Kondisi saat ini ada 4 orang mengalami luka berat dan 7 orang mengalami luka ringan. Sisanya dalam kondisi baik,” ujar AKP Edo Damara Yudha.

Untuk korban yang mengalami luka berat segera dirujuk ke RSUD dr. Abdul Rivai Tanjung Redeb. Dan korban yang mengalami luka ringan saat ini dirawat di Puskesmas Kelay.

Berikut daftar korban Kontingen PPU:
Atlet
1. Dilla Lestar Luka berat bagian leher
2. Valentino Luka Berat Dalam bagian dada
3. Hasmir Rahayu Luka Ringan
4. Afit Luka Ringan
5. Hardiansyah Luka Ringan
6. Dini Lukan Ringan
7. Salsabilah Luka Ringan
8. Tommi Luka Ringan
Pelatih dan Official
1. Serti Buntasik (pelatih) Luka Berat patah kaki kanan
2. Inggriedv Saputri Luka Ringan (official)
3. Odi Sanjaya Putra Luka Berat bagian Leher (Official)

Kondisi para atlet dari PPU yang mengalami kecelakaan di Kelay saat ini mendapatkan perawatan intensif di ke RSUD Abdul Rivai Berau.

Tercatat sembilan atlet yang mengalami kecelakaan telah mendapatkan perawatan medis.

Bupati Berau Sri Juniarsih langsung mendatangi RSUD Abdul Rivai untuk melihat kondisi korban kecelakaan tersebut.

“Saya turut berduka atas musibah ini. Para atlet ini akan terus kita pantau. Semoga kondisinya cepat membaik,” ujar Bupati Sri Juniarsih melalui keterangan tertulis, Kamis siang.

Bupati Sri Juniarsih yang juga Ketua Umum PB Porprov VII Kaltim 2022 mengimbau kepada seluruh kontingen kabupaten/kota yang akan bertanding di Porprov, yang menuju Berau melalui jalur darat untuk berhati-hati.

Bupati Sri Juniarsih berharap agar tidak ada lagi insiden yang tidak diinginkan terjadi seperti yang menimpa kontingen PPU.

“Saya berharap, semua kendaraan kontingen untuk berhati-hati. Apalagi kondisi jalan menuju Kabupaten Berau, belum begitu bagus untuk dilalui. Kami tidak ingin ada lagi insiden yang tidak diinginkan terjadi,” ujar Bupati Sri Juniarsih.

Sementara itu, Kamis malam 17 November 2022, kontingen Porprov Kaltim asal Samarinda juga mengalami kecelakaan.

Mobil kontingen Porprov asal Samarinda cabor gulat mengalami tabrakan sehingga mobil ringsek pada bagian depan.

Diketahui tidak ada korban dalam insiden tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status