News

Satu Data Samarinda Digagas Pemkot Agar Program Lebih Tepat Sasaran

KLIKSAMARINDAPemerintah Kota (Pemkot) Samarinda saat ini tengah memantapkan diri untuk membentuk satu data Samarinda. Program satu data Samarinda ini demi menuju pembangunan yang lebih tepat sasaran.

“Nantinya semua data akan dikompilasi menuju satu data Samarinda. Supaya pada saat menyusun APBD, program kita tepat sasaran,” ujar Wali Kota Samarinda, Andi Harun, ditemui Minggu 14 Mei 2023 di Convention Hall Samarinda.

Menurut Wali Kota Andi Harun, sejauh ini Pemkot Samarinda telah berupaya maksimal dalam pembangunan. Satu upaya tersebut, di antaranya melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya).

Probebaya ini menjadi satu di antara 10 program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Rusmadi. Program ini telah bergulir serta memberi dampak cukup besar bagi masyarakat Kota Samarinda.

“Probebaya dibentuk oleh Pemkot Samarinda agar dinilai bermanfaat bagi masyarakat luas sampai ke tingkat Rukun Tetangga (RT). Sehingga Probebaya telah menginspirasi daerah lain untuk replikasi program tersebut,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Capaian Probebaya antara lain pembangunan infrastruktur di lingkunhan RT di Kota Samarinda bisa dijalankan dengan baik. Karena itu, Wali Kota Andi Harun berpesan kepada seluruh masyarakat bisa lakukan gotong royong dengan di dukung oleh Probebaya di setiap RT.

“Kita masuk di Probebaya 2023, agar bisa melaksanakan program dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab mulai dari sisi perencanaan, pelaksanaan, serta penata usahaan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Selain untuk pembangunan infrastruktur, Probebaya juga menyasar para warga peserta BPJS yang termasuk ke dalam kategori miskin ekstrem.

Untuk Probebaya BPJS, Wali Kota Andi Harun menyatakan Pemkot Samarinda akan terus melakukan survei dan validasi agar memastikan kesesuaian antara data dan penerima manfaat.

“Dengan melihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Pemerintah akan menyurvei lagi warga yang benar-benar mendapatkan bantuan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Untuk sektor kesehatan, Wali Kota Andi Harun menegaskan bahwa Kota Samarinda telah mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan ini menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat di kota Samarinda telah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan.

“Itu sertifikat pelayanan dari Presiden. Dengan pencapaian UHC, sebenarnya tidak akan ada lagi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak terlayani dalam hal kesehatan. Baik untuk perawatan jalan maupun perawatan kesehatan sesuai dengan tujuan UHC tersebut,” ujar Wali Kota Andi Harun. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status