PWI Kaltim Peduli Bantu Warga Miskin Yang Ditolak Rumah Sakit

KLIKSAMARINDA – Aksi peduli ditunjukkan organisasi wartawan di Kaltim, yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim. Aksi tersebut adalah membantu seorang warga miskin bernama Rusmin (63).

Rusmin atau lebih akrab di panggil Mbah Min adalah seorang pria lanjut usia atau lansia warga Samarinda. Dia selama ini tinggal di sebuah bengkel Las Rajeg Wesi.

Mbah Min beberapa waktu lalu diterpa musibah. Mbah Min mengalami kecelakaan ditabrak kendaraan roda dua, Sabtu, 26 Maret 2022 lalu.

Dia lalu diantar untuk mendapatkan penanganan medis di RS AWS Samarinda. Namun, Mbah Min terpaksa pulang karena tidak memiliki kartu BPJS dan ketiadaan biaya.

Menurut Yuliawan Andrianto dari PWI Kaltim Peduli, pihak PWI Kaltim Peduli turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa Mbah Min. Lansia yang hidup sendiri tanpa ada keluarga di Samarinda itu dinilai perlu mendapatkan bantuan dan kepedulian.

Jajaran PWI Kaltim Peduli pun melakukan silaturahmi ke kediaman Mbah Min untuk menyerahkan bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian rekan-rekan wartawan, Minggu petang, 3 April 2022.

Hadir pula dalam silaturahim itu Tim Ambulance PWI Kaltim Peduli Usamah Bima Shafa dan Suriyatman. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Tim dari Kementerian Sosial untuk melakukan pendataan terhadap Mbah Min.

“Kami berharap dengan perhatian Bu Menteri Sosial yang langsung turunkan tim untuk membantu Mbah Min bisa segera mendapatkan jaminan kesehatan,” ujar Yuliawan.

Yuliawan berharap Mbah Min bisa segera memiliki E-KTP dan kartu BPJS (gratis) dari pemerintah. Harapan itu agar sewaktu-waktu Mbah Min membutuhkan, tidak ada lagi istilah ditolak oleh rumah sakit.

Yuliawan menerangkan, keadaan Mbah Min saat ini semakin membaik. Mbah Min mendapatkan terapi oleh Gunawan dari Sentra Soeharso Surakarta yang turun bersama tim Kemensos.

“Kondisi Mbah Min alhamdulillah sudah semakin membaik, sudah bisa berdiri, berjalan dan duduk, walaupun belum bisa lama,” ujar Yuliawan. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status