Clicky

Ruko Tinggi, Damkar Samarinda Sulit Padamkan Api

KLIKSAMARINDA – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Tepian, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Kali ini, kebakaran melanda dua ruko di area Jalan Niaga Selatan, RT 06, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Minggu 8 Agustus 2021 pukul 13.15 WITA.

Area terbakar total 2 bangunan dengan rincian 1 ruko 2 pintu 3 lantai. Asap tebal keluar dari ruko tempat penjualan piring yang terletak di komplek Citra Niaga Samarinda.

Bangunan yang tinggi dan asap tebal di area ruko ini membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan sumber api. Kejadian di pasar pusat pedagang kaki lima menjadi perhatian warga dan pedagang kawasan Citra Niaga.

Api tampak membesar dan menyebar ke sejumlah bangunan lain yang ada di sekitar ruko yang terbakar yang berada dalam satu atap. Petugas berupaya menyiramkan air namun tak berlangsung lama karena kehabisan pasokan air.

Petugas pemadam kebakaran dan tim relawan melakukan upaya penanganan dan pemadaman api hampir 3 jam mulai pukul 13.10 WITA hingga pukul 16.20 WITA. Hujan deras turut membuat petugas mengatasi kebakaran.

Menurut Koordinator Petugas Pemadam Kebakaran kota Samarinda, Sunardi Siman, petugas dapat mengendalikan api setelah 15 unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam kota Samarinda tiba di lokasi dengan bantuan satu unit mobil tangga.

”Tadi lewat sebelah sana, sempat ditahan sama warga. Jadi, tidak bisa apa-apa. Kendala lainya yaitu akses untuk ke dalam bangunan tidak bisa karena asap cukup tebal warna hitam. Gak bisa, kita untuk masuk rawan juga,” ujar Sunardi Siman

Kebakaran itu juga menyita perhatian para pedagang di kawasan Citra Niaga Samarinda. Beberapa pedagang mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran. Mereka tiba tiba melihat asap tebal dari dalam ruko.

Seorang pedagang telepon seluler, Taufik mengaku terkejut dengan teriakan para pedagang lainnya yang mengingatkan ada asap tebal. Para pedagang kemudian membangunkan penghuni ruko.

”Kalau aku liatnya sudah ada orang gedor-gedor pintu ruko. Bangun, bangun. Ada kebakaran, gitu katanya. Malah menjadi-jadi apinya. Alhamdulilahnya, ini ada hujan,” ujar Taufik.

Hingga Pukul 21.40 WITA, Disdamkar Kota Samarinda kembali menerima laporan bahwa api kembali menyala di salah satu ruko bekas terbakar tadi siang.

Kebakaran ini tidak menimbulkan korban luka atau meninggal. Penyebab asal api diduga berasal dari konsleting di lantai 3.

Warga yang terdampak dari kebakaran ini total 2 KK dengan 9 jiwa. Petugas masih melakukan pendataan di lapangan Minggu sore. Proses berlanjut dalam penyelidikan pihak kepolisian. (Jie)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com