Polres Kukar Sinergi dengan Kesultanan Kutai Kartanegara Kampanye Protokol Kesehatan Covid-19 | KLIKSAMARINDA
Fokus News

Polres Kukar Sinergi dengan Kesultanan Kutai Kartanegara Kampanye Protokol Kesehatan Covid-19

KLIKSAMARINDA – Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura menghimbau agar warga Kutai Kartanegara mematuhi protokol kesehatan. Himbauan ini keluar mengingat peningkatan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Kukar terus terjadi.

Per 14 September 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim mencatat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kukar 764 kasus, kedua terbanyak di Kaltim setelah Balikpapan dan Samarinda. Karena itu, Sultan Kutai Ing Martadipura Aji Pangeran Anum Surya Adiningrat meminta warga kutai Kartanegara untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Dalam pertemuan bersama jajaran Polres Kukar, Senin 14 September 2020, Sultan Kutai In Martadipura ke-21 ini meminta aparat kepolisian benar-benar menegakan aturan dan terus malakukan sosialisasi agar masyaraat taat dan mematuhi protokol kesehatan.

Mewakili Kesultanan Kutai Kartanegara, Raden Dhanur Dwi Jatmiko selaku juru bicara mengatakan semakin meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartaneagra juga menjadi kekhawatiran pihak kesultanan. Apalagi jumlah penderita yang meninggal dunia juga meningkat dratis.

“Kutai Kartanegara mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk menyadarkan semua stakeholderĀ  mereka menyadari Covid-19 ini harus diputus mata rantainya. Dari itu dihimbau kepada masyarakat Kutai Kartanegara untuk senantiasa selalu menghindari tempat-tempat berkerumun, jaga jarak, dan menggunakan masker,” ujar Raden Dhanur Dwi Jatmiko usai menerima rombongan Kapolres Kutai Kartanegara beserta tokoh adat di Kedaton Kesultanan Kutai di Tenggarong Senin siang, 14 September 2020.

Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan kedatangan jajaran Polres Kukar ke kedaton Kesultanan Kutai Ing Martadipura ini adalah untuk mengajak pihak kesultanan Kutai untuk ikut mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 di kalangan masyarakat Adat. Pihaknya berharap Kesultanan dapat mengajak masyarakat adat untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain mendatangi kedaton, Polres Kukar juga membagikan alat-alat kesehatan dan sembako bagi warga adat di Kesultanan Kutai Kartanegara.

Point of View:  Foto Truk Langgar Portal Jembatan Mahkota II Samarinda, Netizen: Entah Apa Yang Merasukinya

“Pada kesempatan ini, kami bantu alat-alat kesehatan dan sembako bagi masyarakat adat di kesultanan Kutai Kartanegara, hal ini dimaksudkan agar asyarakat adat juga mendukung program pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujar AKBP Irwan Masulin Ginting.

Selain mengunjungi Kedaton Kesultanan Kutai Ing Martadipura, AKBP Irwan Masulin Ginting juga menyempatkan diri mendatangi sejumlah pusat keramaiaan masyarakat di pasar pasar yang ada di Kutai Kartanegara. Di pasar Tangga Arung, Tenggarong, Kapolres Irwan Masuli Ginting sempat mengingatkan sejumlah pedagang yang tidak menggunakan masker di dalam toko jualanya.

AKBP Irwan menegaskan, saat ini pihaknya tidak akan memberikan sanksi sosial kepada pelanggar. Namun, jika warga kedapatan kembali tanpa masker, polisi tak akan segan memberikan sanksi sosial.

“Hari ini kami belum menetapkan sanksi sosial bagi mereka. Namun jika nanti mereka kembali ditemui tidak menggunakan masker, maka anggota kami tidak segan memberikan hukuman sanksi sosial kepada mereka,” ujar AKBP Irwan Masulin Ginting. (Jie).

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status