Pemprov Kaltim Teken Kesepahaman Dengan Pertamina Soal Data Pajak Bahan Bakar | KLIK SAMARINDA
Provinsi Kaltim

Pemprov Kaltim Teken Kesepahaman Dengan Pertamina Soal Data Pajak Bahan Bakar

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim0 melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama dengan Pertamina Marketing Operasional Regional VI Kalimantan, Rabu 21 Oktober 2020 di Hotel Mercure, Samarinda. Penandatanganan kesepahaman langsung dilakukan Gubernur Kaltim, Isran Noor dengan General Manager Pertamina MOR VI Kalimantan Freddy Anwar.

Kerjasama tersebut sebagai langkah strategis pengelolaan yang transparan dan akuntabel dan merupakan tindak lanjut dari surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia No. B/2904/KSP.00/10-16/06/2020 Perihal Koordinasi Terkait Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Surat tersebut meminta sinkronisasi data PBBKB secara transparan dan terpadu kepada pemerintah daerah di wilayah masing-masing.

Kesepakatan kerjasama ini juga demi mengoptimalkan penerimaan PBBKB, terwujudnya keakuratan data penggunaan BBM, serta adanya alur informasi pengawasan pendistribusian BBM dari PT Pertamina (Persero).

Gubernur Isran Noor mendukung pelaksanaan kesepatan tersebut sehingga mampu mendorong adanya transparansi Pajak Daerah yang merupakan komponen penting dalam sumber pembiayaan pembangunan dan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus meningkat.

“Saya sangat mendukung pelaksanan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan PT Pertamina (Persero) tentang Rekonsiliasi Data Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor di Kaltim ini. Nantinya akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian kerjasama dengan Instansi terkait, dalam hal ini Bapenda Provinsi Kaltim,” ujar Gubernur Isran Noor.

Point of View:  ASN Pemprov Kaltim Perdalam Penyusunan Produk Hukum

Gubernur mengatakan, selain peningkatan transparansi dan akuntabilitas, diharapkan kerja sama ini bisa mengoptimalkan penerimaan PAD dari sektor PBBKB serta adanya alur infoemasi pengawasan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) dari PT Pertamina (Persero).

Gubernur berharap kesepakatan dan kerjasama kedua pihak membawa transparansi dan akuntabilitas pengelolaan PBBKB secara manual maupun elektronik (aplikasi).

Hadir dalam kegiatan tersebut General Manager Pertamina MOR VI Kalimantan Freddy Anwar, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani, Kepala Bapenda Kaltim, Ismiati, serta undangan lainnya. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status