Clicky

Mobil PCR Datang di Samarinda, Ini Kata Anggota Dewan

Nursobah

KLIKSAMARINDA – Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 mulai Selasa, 27 Oktober 2020, mulai beroperasi. mobil yang dibeli Pemkot Samarinda seharga Rp3 Milyar tersebut bersamaan dengan 4 mobil ambulan dan 5 mobil puskesmas keliling bantuan dari Kementerian Kesehatan.

Penggunaan mobil PCR lebih tertuju kepada fungsi dan tugas mobil PCR untuk operasional yang fokus melakukan tracking kontak pasien positif corona dan selanjutnya tes Covid-19 bagi masyarakat.

Kedatangan mobil PCR di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut mendapatkan tanggapan dari anggota Komisi I DPRD Samarinda, Nursobah. Menurut Nursobah, operasional mobil PCR itu perlu dimaksimalkan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya harap Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dapat memaksimalkan mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) dan menyaikan anggaran dana operasional bagi petugas yang menjalankan mobil tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Nursobah, 5 November 2020.

Nursobah menambahkan, Pemkot Samarinda juga harus merhatikan dan menyiapkan dana tambahan untuk operasional petugas maupun hal lainnya agar mobil PCR dapat beroperasi dengan maksimal.

Mobil PCR yang memiliki dua laboratorium. Dua laboratorium tersebut bisa melayani 650 orang per hari dan dikali dua Laboratorium.

Dengan kapasitas laboratorium dalam mobil PCR tersebut, dalam perhitungan Nursobah, aparat medis dapat melakukan pemeriksaan lebih dari 1000 orang per hari. Jika dihitung dalam satu bulan, masyarakat banyak yang bisa dilanyani.

Karena itu, Nursobah menginngatkan agar mobil PCR tersebut memerlukan maintenance yang optimal agar dapat beroperasi dengan baik. Terlebih ketika petugas dibuat shift.

“Pemeriksaan terutama untuk memastikan dikalangan PNS dan pegawai sehat. Jangan sampai nanti malah jadi awal posisi penularan karena mereka yang langsung melayani masyakarat,” ujar Nursobah.

Nursobah juga menyarankan agar pemeriksaan berlangsung melalui metode yang baik dan benar. Pemeriksaan juga harus dilakukan di zona merah sehingga memastikan layanaan nyaman aman ada 59 kelurahan dan 10 kecamatan pegawai dan petugas yang ada di test terlebih dahulu. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status