Clicky

Bandara APT Pranoto Samarinda Dibenahi, Anggota DPR RI Harap Tambah Nyaman

KLIKSAMARINDA – Dua proyek pembenahan di Bandara Kelas I APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, tengah berlangsung. Dua proyek terebut adalah pembangunan Paralel Taxiway baru sepanjang 200 meter dan pembangunan drainase di sisi runway bandara sepanjang 2 kilometer.

Minggu. 31 Oktober 2021, DPR RI Dapil Kaltim, Irwan, meninjau pengerjaan dua proyek tersebut. Menurut Irwan, dua proyek pembenahan Bandara APT Pranoto Samarinda itu sesuai usulan tahun 2021 yang mendapatkan persetujuan Komisi V DPR RI.

”Tahun ini ada pengerjaan pembangunan Paralel Taxiway baru sepanjang 200 meter melengkapi taxiway yang sudah ada sepanjang 100 meter. Mengingat taxiway eksisting sering mengalami kendala amblas yang mengganggu jadwal penerbangan pesawat dan juga keselamatan dan keamanan penerbangan,” ujar Irwan.

Irwan menambahkan, di samping pembangunan paralel taxiway baru, juga ada pembangunan drainase di sisi runway bandara sepanjang 2 kilometer. Pembangunan drainase ini sebagai bagian dari pengendalian banjir bandara APT Pranoto Samarinda.

”Untuk luar kawasan bandara sudah ditangani Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim,” ujar Irwan.

Sedangkan untuk pembangunan tahun 2022, Irwan telah mengusulkan dan sudah siap untuk anggaran tahun 2022 berupa lanjutan pengembangan sisi runway bandara dan juga pembangunan landscape depan bandara APT Pranoto. Tujuan pembangunan landscape depan Bandara APT Pranoto itu agar menjadi bersih dan indah dinikmati oleh para pengguna bandara.

”Insya Allah akan terus kami kawal pengembangan bandara eksisting di Kaltim serta bandara-bandara baru di kabupaten-kota yang ada di Kaltim. Kami harapkan komunikasi pemerintah daerah bisa pro aktif dan tidak pasif ke pemerintah pusat dan komisi V DPR RI,” ujar Irwan. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com