Clicky

Kukar Teken MoU Pertanian dengan Kementan

KLIKSAMARINDA – Satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Rendi Solihin adalah sektor pertanian. Program tersebut tertuang dalam visi Kukar Idaman.

Karena itu, Pemkab Kukar bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk mewujudkan program prioritas tersebut.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI juga menyatakan siap memberikan dukungan terhadap program Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) terkait pertanian dalam arti luas.

Fadjry Djufry memaparkan, membangun sektor pertanian dalam arti luas di Kukar, akan menjadi bagian untuk menunjang ibu kota negara (IKN) baru. Seperti halnya penelitian tanaman pangan, tanaman holtikultura, tanaman perkebunan, peternakan dan veteriner serta lainnya.

“Senang rasanya ada bupati yang konsen di pertanian. Dari sekarang sudah menyiapkan pelan-pelan kawasan pertanian untuk persiapan ke depan. Mengingat Kukar yang kaya akan SDA nya akan segera habis, untuk itu perlu persiapan yang matang dalam pemikiran ke depannya,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Fadjry Djufry, pada acara penandatanganan MoU, Senin 19 April 2021 di Aula pertemuan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI Jakarta.

MoU ini berkaitan dengan percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas melalui penelitian dan pengembangan pertanian di Kabupaten Kukar.

Menurut Fadjry Djufry, Kementan memiliki kurang lebih 1600 peneliti di seluruh Indonesia. Para peneliti ini siap mensuport program yang akan dijalankan oleh Kabupaten Kukar.

Kami siap membantu untuk mengekspose varietas beras lokal di Kukar menjadi unggulan nasional yang sudah dilakukan beberapa daerah di Indonesia,” ujar Fadjry Djufry.

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah tentu diharapkan membantu kemajuan daerah, menuju Kukar Idaman.

Edi Damansyah menjelaskan, kawasan tanaman pangan padi sawah kini terdapat di kawasan Kecamatan Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, Loa kulu, Marangkayu dan Tenggarong Seberang. Untuk kawasan tanaman jagung terdapat di Kecamatan Kota Bangun dan Muara Wis.

Sedangkan untuk perkebunan yang ada adalah perkebunan kelapa sawit, karet, lada, dan kelapa dalam terdapat di beberapa kecamatan di Kukar.

“Kami harap melalui kerja sama yang terjalin ini bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan pertanian dalam arti luas di Kukar mengingat Kukar adalah penyangga utama pangan di Provinsi Kaltim,” ujar Edi Damansyah. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status