Clicky

Potensi Karet Kaltim 73 Ribu Ton

KLIKSAMARINDA – Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan, produksi karet di Kaltim sekitar 73.091 ton. Jumlah tersebut berpotensi besar menjadikan Kaltim menjadi produsen utama karet dalam dekade mendatang.

Menurut Ujang Rachmad, potensi tersebut dimungkinkan karena Benua Etam mempunyai potensi sumberdaya alam yang sangat memadai untuk meningkatkan produksi dan produktivitas.

“Namun, kualitas produksi karet kita masih belum memenuhi standar mutu karet yang baik,” ujar Ujang Rachmad saat membuka Bimtek petugas register Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di Balikpapan, Selasa 20 April 2021.

Ujang Rachmad mengatakan untuk mendapat peluang pasar dari produsen /pelaku usaha produk karet, diperlukan perbaikan mutu bahan olahan karet (bokar).

Maka perlu dilakukan upaya meningkatkan mutu bokar, melalui pengawasan terhadap mutu Bokar di kelompok tani, gabungan kelompok tani atau Gapoktan atau pun Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB).

Ujang Rachmad berharap kegiatan Bimtek petugas register maka didapatkan sumber daya manusia (petugas) yang memiliki komptensi dalam pembinaan dan pendampingan kelompok UPPB di Kaltim.

“Peningkatan mutu Bokar, maka terjadi peningkatan nilai jual berujung pada kesejahteraan petani,” ujar Ujang Rachmad.

Bimtek ini diikuti puluhan petugas register UPPB selama tiga hari (20-22 April 2021) di Kota Balikpapan. Kegiatan merupakan garapan Bidang Pengolahan dan Pemasaran ini menghadirkan narasumber Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, dihadiri Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan. (*)

DMCA.com Protection Status