Jenazah Andri Mulyani Ditemukan Mengambang di Perairan Muara Berau Kukar

Andri Mulyani

Evakuasi Andri Mulyani di dermaga Pelabuhan Samarinda, Minggu 27 November 2022. (Foto: Dok. PMI Samarinda)

KLIKSAMARINDA – Jenazah seorang laki-laki bernama Andri Mulyani ditemukan mengambang di perairan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Jasad Andri Mulyani dievakuasi ke Samarinda, Minggu, 27 November 2022, melalui Dermaga Speedboat Jembatan 1, Samarinda setelah menempuh 4 jam perjalanan menggunakan speed boat.

Petugas kepolisian dari Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda dan Tim Inafis Polresta Samarinda bersama PMI Samarinda dan Satpolairud, langsung mengevakuasi jasad Andri Mulyani, Minggu 27 November 2022, ke RSU AW Syahranie Samarinda.

Sebelumnya, jasad Andri Mulyani ditemukan dalam kondisi sangat mengenaskan karena sudah tidak utuh.

Pertama kali jasad Andri Mulyani ditemukan anak buah kapal atau abk Tug Boat (TB) Pasifik Jaya VI yang sedang melakukan bongkar muat barang di laut lepas Muara Jawa.

Menurut masinis kapal TB Pasific Jaya VI, Samsudin (31), salah satu anak buah kapal (abk) yang saat itu sedang mengawasi lokasi bongkar muat barang dari anjungan kapal melihat sesosok mayat mengambang di laut Muara Berau.

ABK tersebut awalnya mengira sosok yang mengambang itu adalah boneka. Sempat terjadi perdebatan di antara ABK.

Namun untuk memastikan barang yang dilihatnya, kapten kapal kemudian mengarahkan TB Pasifik Jaya VI mendekati lokasi penampakan jasad di tengah laut lepas tersebut.

Setelah memastikan sosok tersebut adalah mayat, para abk mengikatnya agar tidak kembali tenggelam.

Kapten kapal TB Pasifik Jaya VI pun lalu melaporkan temuan tersebut kepada Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda.

“Terlihat dari jauh itu dia kaya boneka, mengambang-ambang. Pas kami dekat, ya udah mending kita lihat langsung apakah benar mayat atau enggak. Pas kami ke sana, pas dekat dengan benda itu ternyata mayat. Kalau masalah jenis kelamin kita gak lihat karena tengkurap dia,” ujar Samsuddin saat mengantarkan jenazah di Kantor Polsek Kawasan Pelabuhan Polresta Samarinda, Minggu 27 November 2022.

Andri Mulyani kemudian diketahui merupakan seorang buruh atau tenaga kerjaa bongkar muat (TKBM). Andri Mulyani tercatat sebagai (30) warga Karang Dawa, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Mandor TKBM, Rahim (40), memastikan jenazah laki-laki yang ditemukan adalah pekerja TKBM atas nama Andri Mulyani (30). Menurut Rahim, Andri Mulyani hilang sejak Jumat 25 November 2022 sekitar pukul 00.00 WITA.

Rahim menerangkan, Andri Mulyani hilang usai istirahat makan dan pergantian shiff pekerjaan. Kondisi Andri Mulyani saat itu dalam keadaan sehat.

Saat itu, korban memilih makan di ponton. Sementara 7 pekerja lainnya yang masuk kelompoknya memilih istirahat dan makan di atas kapal.

Korban bersama 7 rekannya sedang melakukan bongkar muat amonium nitrat dari kapal pengangkut ke atas ponton. Malam itu, korban bertugas menyusun kantung yang berisi amonium nitrat di atas ponton.

“Dia nunggu makan di bawah, di ponton. Dia tidak naik. Dia bilang di sini aja makannya. Ya udah, pas selesai jam istirahat, ganti siff lagi. Pas dia dicari di tempatnya, orangnya gak ada. Jadi 7 orang ini dibantu dengan kawan-kawan di sana keliling cari di kapal itu. Di TB Sejahtera, di ponton, TB Kenangan, tidak ada,” ujar Rahim, Minggu sore 27 November 2022.

Kasus penemuan jenazah Andri Mulyani hingga saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian Polsek Kawasan Pelabuhan. Jenazah korban dibawa ke RSU AW Syahranie Samarinda untuk proses autopsi. (Suriyatman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status