Clicky

Jamaah Haji Kukar Mulai Terima Vaksinasi Covid

KLIKSAMARINDA – Ratusan jamaah haji di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur menjalani vaksinasi massal Covid-19, Kamis 25 Maret 2021. Meski berjalan lancar, namun sejumlah jamaah haji ini mengalami penundaan penyuntikan vaksin Covid-19 karena ketidakstabilan tekanan darah.

Menurut Koordinator Tim Vaksin Covid-19 dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim, dr. Maurid Silalahi, banyak calon jamaah haji yang harus berulang kali diperiksa karena tekanannya naik. Karena itu, tim vaksinasi Covid-19 mengambil langkahlangkah tertentu agar kondisi tekanan darah para jamaah stabil kembali.

Antara lain dengan memberikan waktu istirahat bagi para jamaah agar rileks sebelum penyuntikan vaksin hingga memberikan obat sementara. Langkah tersebut agar tekanan darah memenuhi batas standar sebelum penyuntikan vaksin.

”Untuk tekanan darah tinggi, kan batasnya 180 per 110. Di bawah itu, bisa kita suntik. Tapi, kalau lebih dari situ, maka kita berikan obat sementara. Makan obat dan disuntik ulang lagi. Kalau tensinya turun, kita suntik lagi,” ujar dr. Maurid Silalahi, Kamis 25 Maret 2021, di Gedung Bela Diri, Kompleks Stadion Aji Imbut, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Usai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, para calon jamaah haji diminta menunggu instruksi dari pemerintah terkait berangkat atau tidaknya yang merupakan keputusan pemerintah Arab Saudi.

Menurut warga Desa Bakungan, Kecamatan Loa Kulu, Muhammad Amrizal, dirinya mendukung langkah pemerintah dengan melakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19 bagi para jamaah haji agar bisa berangkat ke Tanah Suci Makkah.

”Saya apresiasi buat pemerintah telah mengadakan vaksin untuk masyarakat Indonesia. Sehingga ada fasilitas khusus untuk jamaah haji. Saya berharap Arab Saudi bisa menerima jamaah haji dari Indonesia yang sudah divaksin,” ujar Muhammad Amrizal.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah melakukan kegiatan vaksinasi massal untuk calon jamaah haji pada Kamis 25 Maret 2021 di sejumlah kecamatan. Antara lain, di Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Kota Bangun, Kecamatan Muara Muntai, Kecamatan Samboja, Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Marangkayu, Kecamatan Muara Badak, dan Kecamatan Sangasanga.

Vaksinasi Covid-19 ini untuk memberikan kekebalan kepada warganya terhadap virus Covid-19. Ratusan warga mendatangi Stadion Aji Imbut Tenggarong untuk menjalani pemeriksaan dan suntik vaksin Covid-19.

Perwakilan Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Nurul Jamal mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini bertujuan menyiapkan calon-calon jamaah haji yang akan berangkat menuju Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji tahun 2021. Selain menerima suntikan vaksin Covid-19, para calon jemaah haji juga diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis.

”Kalau untuk berangkat atau tidak, itu tergantung dari apakah Arab Saudi nanti memberikan kita hajinya atau tidak untuk tahun 2021. Yang Kementerian Kesehatan lakukan adalah memberikan perlindungan kepada jamaah haji. Sehingga nanti pada saat Arab Saudi membuka hajinya, kita sudah siap,” ujar Nurul Jamal. (Jie)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status