Jamaah Haji Samarinda 2022 Mulai Diberangkatkan, Wali Kota Andi Harun Titip Doa

Pelepasan jamaah haji Samarinda oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Kamis 16 Juni 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA – Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda seremoni pelepasan calon Jamaah Haji 1443 H/2022 M tingkat Kota Samarinda. Pelepasan berlangsung Kamis 16 Juni 2022, di Masjid Shofiatul Amin komplek GOR Segiri, Jalan Kesumabangsa Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda.

Sebanyak 260 jamaah calon haji kota Samarinda hadir dalam acara tersebut. Secara resmi, pelepasan dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun disertai Kepala Kemenag Samarinda, Baequni dan Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli.

Menurut Baequni, kuota haji tahun ini hanya setengah dari kuota biasanya. Pasalnya ada pembatasan usia maksimal 65 tahun.

Untuk persiapan jamaah haji Samarinda, Baequni menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan manasik haji sebanyak 8 kali mulai di tingkat kecamatan hingga tingkat kota.

“Kementerian agama (Kemenag) kota Samarinda selama ini telah melaksanakan manasik haji 8 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali di tingkat kota,” ujar Baequni.

Baequni menambahkan, jamaah haji kota Samarinda tahun ini berjumlah 260 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam 3 kloter.

Kloter pertama jamaah haji Samarinda tanggal 21 Juni 2022 sebanyak 186 jamaah. Kloter 6 tanggal 28 Juni 2022 sebanyak 30 jamaah. Kloter 7 tanggal 29 Juni 2022 sebanyak 44 jamaah.

Ibadah haji merupakan ibadah rutin tahunan umat Islam setiap memasuki bulan Zulhijjah atau bulan haji. Umat muslim akan melakukan ibadah haji bagi yang mampu sesuai dalam rukun islam yang ke 5.

Namun, kondisi pandemi yang melanda dunia menyebabkan ibadah massal ini terhenti sejak 2020. Pada 2022 ibadah haji kembali dilaksanakan.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menyampaikan pesan kepada para calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan dan niatnya.

“Karena kita berangkat haji hanya satu tujuan yaitu untuk mendapatkan haji mabrur. Dan semoga di perjalanan selalu dikuatkan kesabaran dan keikhlasan, karena selama kita menjalankan ibadah selalu ada cobaan-cobaan. Semoga Allah memberikan kemudahan serta selamat kembali ke tanah air khususnya ke kota Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga berpesan kepada calon jamaah agar selalu mendoakan kota Samarinda dan warganya agar selalu diberkahi untuk menjadikan kota Samarinda kota yang nyaman dan bermanfaat untuk seluruh warganya serta dijauhkan dari segala bencana.

Hadir dalam pelepasan calon jamaah haji Samarinda, Assistes 1 Pemkot Samarinda, Ridwan Tasa, Kasat POL PP Kota Samarinda, Muhammad Darham. cal

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli, menyampaikan dalam pelaksanaan pelepasan para jamaah haji Kota Samarinda, aparat keamanan tetap melakukan pengamanan dan melakukan pengawalan keberangkatan para jamaah.

Kombes Pol Ary Fadli berharap agar para jamaah haji selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri saat keberangkatan maupun saat melaksanakan ibadah haji.

“Sehingga dalam pelaksanaan dapat terlaksana dengan baik dan dapat menjadi haji yang mabbrur, Aamiin,” ujar Kombes Pol Ary Fadli. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com