Clicky

Gubernur Tegaskan Toleransi di Kaltim Hebat

Foto-Humas Pemprov Kaltim

KLIKSAMARINDAGubernur Kaltim, Isran Noor, meresmikan Gereja Agape Church (Gereja Sidang Jemaah Allah/GSJA) di Jalan Bukit Alaya, Nomor 1B, Samarinda, Kamis 4 Maret 2021. Peresmian ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam peresmian terebut, Gubernur Isran Noor menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pembangunan gereja Agape Church, sehingga bisa dibangun dan diselesaikan tepat waktu serta diresmikan penggunaannya.

“Semoga rumah ibadat ini benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan beribadah. Juga digunakan dalam pembinaan spiritual umat guna mensupport pembangunan sumber daya manusia,” ujar Gubernur Isran Noor.

Tak hanya itu, Gubernur Isran Noor juga meminta pengurus geraja untuk menjaga dan memelihara gedung yang megah ini sebaik-baiknya. Sehingga semakin meningkatkan semangat umat untuk beribadah, sekaligus modal utama dalam membina dan mengembangkan kerukunan umat beragama.

Gubernur Isran Noor juga menegaskan Provinsi Kaltim adalah daerah yang damai, tentram, tidak ada konflik SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), karena sejak dulu masyarakat adat aslinya, tidak pernah menolak kedatangan masyarakat dari berbagai daerah di tanah air.

“Provinsi Kaltim menurut saya adalah provinsi yang luar biasa, mungkin saudara-saudara bisa menilai dan mengevaluasinya betul apa tidak,” ujar Gubernur Isran Noor.

Menurut Gubernur Isran Noor, dengan kemajemukan masyarakat Kaltim yang saling hormat menghormati, maka pendatang dari luar Kaltim lebih besar jumlahnya dari penduduk asli. Seperti suku Jawa sekitar 30 persen, Sulsel sekitar 27 persen. Juga suku-suku lainnya, seperti dari NTB, Bali, pulau Sumatera, Maluku dan Sulawesi Utara.

Gubernur Isran Noor bahkan menyatakan bahwa Kalimantan Timur ini hebat. Pasalnya, di Kaltim takpernah terjadi konflik horisontal berbasis suku, agama, ras, dan antar golongan.

“Tetapi Kaltim tidak pernah terjadi konflik SARA. Ini adalah anugrah Tuhan yang tidak ternilai,” ujar Gubernur Isran Noor.

Gubernur Isran Noor uga menegaskan bahwa pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota peduli terhadap masyarakat, termasuk memberikan bantuan membangunkan rumah-rumah ibadah, baik itu gereja, masjid, pure maupun rumah ibadah agama lainnya.

“Kita memberikan bantuan dalam pembangunan rumah ibadah secara proporsional, jadi tidak ada alasan masyarakat yang berbeda-beda kepercayaan merasa di anak tirikan, tidak ada itu, semuanya sama,” ujar Gubernur Isran Noor. (*)

DMCA.com Protection Status