News

Grup PT Pertamina Hulu Indonesia Borong Tujuh Penghargaan Ajang Indonesia Social Responsibility Award 2024

Solo, KLIKSAMARINDA – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) melalui anak perusahaan dan afiliasinya di Zona 9 Subholding Upstream Pertamina, yakni PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dan PT Pertamina EP (PEP) Tanjung, Sangatta dan Sangasanga Field, berhasil meraih total tujuh penghargaan dalam ajang Awarding of Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024.

Pemberian penghargaan berlangsung di Hotel Grand Mercure, Solo Baru, pada Kamis, 27 Juni 2024. Awarding of ISRA 2024 merupakan ajang penghargaan bagi para praktisi dan pelaksana program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang memenuhi kaidah keberlanjutan dan telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Grup PHI memperoleh dua penghargaan Platinum, tiga Gold, dan dua Silver untuk tiga kategori lomba, yaitu Economic Empowerement, Biodiversity, dan Gender Equality & Social Inclusion.

Pjs. General Manager Zona 9 Susan Syahdina mengatakan, Perusahaan menjalankan berbagai program CSR di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan penanganan bencana dalam mendukung pemerintah daerah serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

”Berkat pelaksanaan program-program CSR tersebut, Alhamdulillah kami diberikan tujuh penghargaan yang tentunya sangat membanggakan. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah bersama-sama kami menjalankan program CSR, sehingga komitmen kami dalam penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dapat terus berlanjut,” ujar Susan.

Pada ISRA tahun 20204 ini, PHSS meraih dua penghargaan Gold pada kategori Economic Empowerment melalui Program Balanipa dan Program Jagoan Usaha Kompetitif (Kelompok Pengusaha Kreatif dan Inovatif).

Program Balanipa merupakan program inovasi pemanfaatan tali kapal bekas yang didaur ulang menjadi tali rumpon dan dimanfaatkan untuk program CSR lainnya, yakni Program Jaga Pesisir Kita, sehingga memberikan dampak berkesinambungan.

Sementara Program Jagoan Usaha Kompetitif adalah program pengembangan ekonomi masyarakat Handil melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan, pemberian advokasi dan pendampingan terhadap proses sertifikasi produk, akses modal dan simpan pinjam, keikutsertaan pameran, pengembangan produk, dan sebagainya.

PEP Sangatta Field meraih penghargaan Platinum untuk Program Desa Wisata Kelulut (DEWI Kelulut) dan penghargaan Silver untuk Program Empowering Community through Organic Sustainable Farming Program in Semberah Area (ECO-STEP Semberah) pada kategori Economic Empowerment.

Program DEWI Kelulut adalah program dengan kegiatan utama budidaya lebah kelulut dengan potensi masifnya populasi lebah Trigona SP.

Sedangkan Program ECO-STEP Semberah merupakan program pendampingan pertanian dengan konsep budidaya ramah lingkungan dan berkelanjutan yang memperhatikan aspek ekonomi dan sosial.

Kemudian untuk PEP Tanjung Field berhasil meraih dua penghargaan, masing-masing penghargaan Silver pada kategori Economic Empowerment untuk Program Kawasan Area Terpadu Taman 10K dan penghargaan Gold pada kategori Gender Equality & Social Inclusion untuk Program Kuas Jirak.

Program Kawasan Area Terpadu Taman 10K adalah tempat pembinaan CSR yang menjadi pusat kuliner dan merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang juga merupakan salah satu titik pantau penilaian Adipura Kabupaten Tabalong. Sementara Program Kuas Jirak adalah program pembangunan dan pengembangan sentra ekonomi di Desa Jirak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, yang dibentuk di tengah masa pandemi COVID-19.

Penghargaan Platinum kedua diraih oleh PEP Sangasanga Field pada kategori Biodiversity untuk Program Ekowisata Sungai Hitam Lestari. Program yang mendapatkan PROPER Emas pada 2023 ini merupakan program pengembangan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian Bekantan.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Communication Relations & CID PHI Dony Indrawan menyampaikan bahwa seluruh penghargaan yang didapatkan ini merupakan bentuk pengakuan atas keberhasilan pelaksanaan program-program CSR Perusahaan.

“Keberhasilan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus mengembangkan program CSR di sekitar wilayah operasi yang tepat sasaran sekaligus mendorong kemandirian kepada seluruh penerima manfaat,” tambah Dony. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status