Donor Darah PEP Sangasanga Bantu Penambahan Stok Darah di Samboja Kukar

KLIKSAMARINDA – PT Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field mendukung kesehatan ibu hamil dan melahirkan di Samboja, Kutai Kartanegara, Kaltim. Dukungan tersebut berupa gerakan donor darah bertajuk Kupendam Asa (Kumpulan Pendonor Darah Maternal Agar Selamat).

PT Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field merupakan anak Perusahaan PHI yang menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di Wilayah Kerja Sanga Sanga di Kalimantan Timur.

Kegiatan donor darah PEP Sangasanga ini berlangsung di Puskesmas Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara 22 September 2022 lalu. Dalam kegiatan ini PEP Sangasanga bekerja sama dengan Puskesmas Samboja dan RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti.

Program yang dicanangkan oleh Puskesmas Samboja, tim PKIB Samboja, dan PEP Sangasanga Field ini merupakan langkah preventif untuk mencegah adanya temuan kasus ibu hamil yang meninggal dunia akibat ketiadaan stok darah untuk kebutuhan transfusi.

RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja berperan untuk menyimpan stok darah dari pendonor di bank darah RSUD tersebut sehingga apabila diperlukan saat persalinan, stok darah sudah tersedia.

Senior Field Manager PEP Sangasanga Field, Gondo Irawan, menjelaskan PEP Sangasanga menjalankan 4 kegiatan utama dalam program CSR Perusahaan di bidang kesehatan.

Kegiatan tersebut bernama Prokesmas Puja, yakni Tato Macan (Tanaman Toga Makin Cantik), Pentas Pantas (Pencegahan Stunting, Pantang Stunting), Ikan Pesut (Ikatan Pemburu Suspect Tuberkulosis) dan Puspa Kasih yang melahirkan program Kupendam Asa.

Gondo Irawan juga menyampaikan, perusahaan menghimbau pegawai untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai bentuk employee volunteerism dan keterlibatan pegawai Pertamina dalam kegiatan-kegiatan CSR Perusahaan.

“Kami percaya bahwa keberhasilan program CSR kami merupakan buah kolaborasi antara perusahaan, penerima manfaat, mitra pendukung, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya. Sebanyak 60 pendonor yang berasal dari warga berbagai kelurahan di kecamatan Samboja dan juga pekerja PEP Sangasanga Field dari Stasiun Pengumpul Utama (SPU) lapangan Samboja.” ujar Gondo Irawan melalui keterangan pers, Minggu 2 Oktober 2022.

Kegiatan Kupendam Asa tersebut mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat. Antara lain dari Camat Samboja, Burhanuddin, yang ikut hadir bersama Sekcam, Lurah Sungai Seluang, Lurah Margomulyo, dan Kepala UPTD Puskesmas Samboja.

Menurut Burhanuddin pihaknya bertekad bersama Puskesmas Samboja dan seluruh warga masyarakat berupaya untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang terdapat di dalam program CSR Prokesmas Puja agar terus berlanjut.

“Sehingga dapat memberikan beragam manfaat bagi masyarakat di Kecamatan Samboja terutama di Kelurahan Margomulyo dan Kelurahan Sungai Seluang,” ujar Burhanuddin.

Sejauh ini, PEP Sangasanga Field bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan demi mewujudkan #EnergiKalimantanUntukIndonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com