Clicky

Delapan Kecamatan di Kutim Terendam Banjir

KLIKSAMARINDA – Delapan Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur terdampak musibah banjir. Delapan kecamatan yang terkena musibah banjir itu di antaranya, Kecamatan Long Mesangat, Muara Ancalong, Telen, Kombeng, Muara Wahau, Muara Bengkal, Batu Ampar, dan Busang.

Dari data laporan sementara, banjir yang terjadi dalam 4 hari terakhir di beberapa wilayah, mengakibatkan ketinggian air mencapai 3-4 meter akibat meluapnya Sungai Telen, Kutim.

Babinsa Ramil 0909-03/Muara Wahau Kodim 0909/Sangatta, Desa Marah Haloq dan Lungmelah, Kecamatan Telen, Serka Hariyanto memantau langsung kenaikan debit air akibat hujan lebat.

”Banjir merendam perumahan warga dari RT 01 hingga RT 06. Ketinggian air mencapai 3 meter sampai 4 meter. Sudah masuk ke dalam rumah dan Babinsa membantu evakuasi warga di gedung serba guna,” ujar Serka Hariyanto, Kamis kemarin, 20 Mei 2021.

Dari keterangan Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulangm melalui akun Instagram pada Kamis 20 Mei 2021, Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran bencana tanggap darurat.

Wabup Kasmidi meminta warga menyikapi musibah banjir di Kecamatan pedalaman sedikit bersabar. Pemerintah Daerah sedang berupaya agar segera bisa memberikan bantuan kapada masyarakat yang terdampak musibah banjir.

“Pak Bupati sudah memimpin rapat dan Pemda sudah mengalokasikan anggaran bencana tanggap darurat, yang akan dialokasikan ke wilayah sana. Insyaallah dalam waktu dekat dan besok kami akan berkunjung ke lokasi banjir,” ujar Kasmidi Bulang.

Pada Jum,at, 21 Mei 2021, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kutai Timur, Syafruddin.M.AP beserta Kepala Dinas Sosial Kutai Timur dan Unsur Muspika Kecamatan Muara Bengkal serta dari pihak perusahaan sekitar menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status