Clicky

Banjir Samarinda Tersisa di Beberapa Wilayah

Foto Nanang Arifin dan Tim BPBD Kota Samarinda

KLIKSAMARINDA – Genangan banjir di beberapa wilayah di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) sejak Minggu 29 Agustus 2021 masih menggenangi pemukiman warga hingga Selasa, 31 Agustus 2021. Dalam pantauan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda, hingga Minggu siang, banjir bertahan dalam dua hari terakhir di beberapa wilayah.

Antara lain di wilayah Kelurahan Simpang Tiga dan Kelurahan Tani Aman, Kecamatan Loa Janan Ilir. Menurut Nanang Arifin, warga yang menyertai tinjauan Tim BPBD, ketinggian air di dua wilayah terebut mencapai 10 s.d 60 centimeter.

“Pukul 13.30 Wita, Tim BPBD Kota Samarinda melakukan pemantauan banjir di Kelurahan Simpang Tiga dan Kelurahan Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir dengan kedalaman 10 cm s.d 60 cm. Air masih menggenang sudah 2 hari, semoga cepat surut dan warga bsa beraktivitas seperti biasa,” ujar Nanang Arifin.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda telah menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir. Bantuan Pemkot berupa sembako untuk para warga yang terdampak banjir.

Paket bantuan berisi beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram, susu kental manis satu kaleng, dan minyak goreng 1 liter. Selanjutnya untuk berikutnya nanti, khusus minyak goreng akan diganti dengan mie instan sebanyak lima bungkus atau setara harga minyak gooreng 1 liter.

Pendistribusian bantuan siejak Senin 30 Agusitusi 2021 ke empat kecamatan yang cukup lama terendam banjir. Di antaranya Kecamatan Samarinda Ulu, Sungai Kunjang, Loa Janan Ilir, dan Palaran.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin maing-maing wlayah mendapatkan bantuan antara lain untuk Palaran sebanyak 160 paket sembako, Loa Janan Ilir 200 paket, Sungai Kunjang 200 paket, serta Samarinda Ulu 100 paket.

“Dari empat kecamatan itu, totalnya ada 660 paket sembako yang kita salurkan melalui camat dan lurah di masing-masing wilayah. Dengan ini, kita berharap agar bisa meringankan beban para korban bencana banjir di wilayah Samarinda akibat hujan yang lebat dan cuaca ekstrem Minggu (29/10) sore lalu,” ujar Sugeng Chairuddin yang mengkoordinir langsung distribusi bantuan tersebut sesuai arahan Wali Kota. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com