Clicky

Alhamdulillah, Ribuan Warga Isoman Samarinda Dapat Bantuan Obat

Foto Bagian Humas Setda Samarinda

KLIKSAMARINDA – Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda mulai mennyalurkan obat-obatan beserta vitamin ke 10 kecamatan yang ada di kota ini, Selasa 3 Agustus 2021. Obat-obatan ini ditujukan bagi para pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid19) yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Hingga saat ini, tercatat ada ada 3.562 warga Samarinda yang tengah menjalani isoman. Para warga isoman ini tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kota Tepian.

Rinciannya, di Kecamatan Palaran sebanyak 312 orang, Kecamatan Samarinda Seberang 193 orang, Samarinda Ulu 509 orang, Samarinda Ilir 208 orang, Samarinda Utara 604 orang, Sungai Kunjang 535 orang, Sambutan 343 orang, Sungai Pinang 497 orang, Samarinda Kota 215 orang, dan Kecamatan Loa Janan Ilir 146 orang.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun menyerahkan langsung paket obat-obatan tersebut kepada 10 camat yang berlangsung di Gedung Balai Kota Samarinda, Selasa 3 Agustus 2021. Wali Kota Andi Harun juga menitipkan salam bagi warga yang terkonfirmasi Covid-19 yang tengah menjalani perawatan agar segera pulih kembali.

”Obat-obatan serta vitamin yang kita berikan ini setidaknya bisa bermanfaat bagi mereka yang menjalani isoman,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Pemkot sendiri jelas Wali Kota, telah menyediakan sebanyak 2.300 paket obat-obatan dan vitamin yang diambil dari sisa dana kelebihan pemotongan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) Aparatur Sipil Negara (ASN) saat pandemi awal tahun lalu.

“Memang kalau dilihat dari jumlah warga yang isoman dengan jumlah paket obat-obatan yang kita siapkan ini masih kurang. Tapi tadi saya sudah instruksikan kepada Asisten III (Ali Fitri Noor, Red) agar kekurangannya tadi bisa segera dipenuhi dengan memanfaatkan dana TTP sumbangan ASN yang dipotong bulan Agustus 2021 ini,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga berharap dalam dua dan tiga hari ke depan, obat-obatan dan vitamin yang kurang tadi bisa segera terpenuhi dan langsung didistribusikan ke warga yang menjalani isoman. Wali Kota Andi Harun menambahkan, dalam minggu ini pemerintah akan mengaktifkan kembali forum Corporate Social Responsibility (CSR) dari pihak swasta untuk menambah bantuan dana sosial dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Tepian.

“Jadi sifat kepedulian ini tak hanya datang dari pegawai Pemkot, melainkan perusahaan swasta yang masih survive di tengah pandemi juga harus ikut andil dalam membantu warga yang terdampak karena pandemi Covid-19. CSR-nya sendiri terserah, bisa dalam bentuk obat-obatan atau sembako, nanti akan kita diskusikan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga mengingatkan kepada para camat dan lurah agar bisa mengupdate data warga yang terkonfirmasi Covid-19, baik yang lagi isoman, dirawat di rumah sakit, hingga yang meninggal dunia. Karena menurut Wali Kota Andi Harun, poin penting dari semua program dalam penangulangan kasus pasien terkonfirmasi hingga pemetaan bantuan sosial adalah berangkat dari data yang terkumpul secara akurat.

“Supaya camat dan lurah tidak direpotkan dengan masalah data ini, coba tunjuk stafnya dua atau tiga orang yang ditugaskan khusus dan fokus untuk mengurusi masalah data yang saya maksud. Tujuannya agar bankdata tentang Covid-19 yang kita miliki bisa sinkron dengan Dinas Kesehatan,” ujar Wali Kota Andi Harun. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com