News

Wiranto Wakili Capres Prabowo Silaturahmi dengan Pemuda Dayak di Pampang Samarinda

KLIKSAMARINDA – Calon Presiden RI nomor urut dua Prabowo Subianto menyapa para pendukungnya di Desa Budaya Pampang, Kota Samarinda melalui video call, Kamis 25 Januari 2024.

Kehadiran Prabowo diwakili oleh Dewan Pembina Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju Prabowo-Gibran, Wiranto. Prabowo yang membatalkan kedatangannya karena ada agenda di Jakarta.

Pada kesempatan silaturahmi dengan ratusan perwakilan pemuda Dayak Kalimantan itu, Wiranto langsung didaulat menaiki perahu terbang, salah satu tradisi masyarakat Dayak menyambut tamu penting.

Perahu sepanjang 8 meter itu diangkat ratusan pemuda dari pintu gerbang hingga ke lamin desa. Sepanjang jalan, ratusan ibu-ibu dan gadis menyambut dengan tarian.

Di lamin adat, ratusan pemuda sudah menyambut dengan tarian Gemoy.

Setelah itu, melalui video call, Prabowo menyampaikan masyarakat adat Dayak memiliki sejarah panjang dalam kiprahnya di militer.

“Kami adalah tim Pak Jokowi. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dibangun oleh Pak Jokowi,” ujar Prabowo melalui telepon seluler.

Sementara itu, Wiranto mengaku senang dan terharu atas kerelaan penyelenggaraan acara sebesar ini.

Menurut Wiranto, Prabowo satu-satunya pemimpin yang mempersiapkan pemuda sebagai pemimpin masa depan Indonesia, tercermin dari pilihan cawapresnya, Gibran Rakabuming.

Dalam persaingan global, banyak pemimpin muda muncul di negara maju termasuk Indonesia.

“Beliau tadi sudah langsung menyatakan bahwa ternyata ada suatu semangat yang luar biasa, harapan yang luar biasa, bahwa pemimpin yang akan datang itu mereka titipkan untuk IKN supaya terus dilanjutkan. Karena itu tidak hanya kebanggaan nasional juga itu kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur,” ungkap Wiranto.

Mantan Gubernur Kaltim, Isran Noor mengaku harapan masyarakat Dayak sama dengan 90% rakyat Indonesia. Isran Noor menegaskan pembatalan IKN adalah pengkhianatan terhadap rakyat Indonesia.

“Sebagian besar masyarakat setuju. Lalu kita mau merubah, mau membatalkan, mau mengevaluasi, segala macam dengan berbagai alasan. Itu adalah penghianatan kepada rakyat Indonesia yang ingin membatalkan Ibu Kota Negara. Setuju? Gitu aja. Gak usah repot repot,” ujar Isran Noor.

Ketua LPADKT-KU, Vendy Meru menegaskan pihaknya mendukung Prabowo-Gibran yang melanjutkan IKN di Kaltim.

“Jadi tidak ada basa basi untuk kita seperti apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo langsung melalui video call, bahwa Beliau mempunyai keinginan untuk mengangkat hakat martabat masyarakat Kalimantan khususnya, Indonesia pada umumnya. Oleh sebab itu, Beliau bertekad bersama Gibran untuk melanjutkan pembangunan yang ada di Kaltim, yaitu IKN,” ungkap Vendy Meru.

Pertemuan itu bentuk silaturahmi Prabowo dengan masyarakat Desa Pampang. Prabowo dijadwalkan kampanye akbar di Kaltim pada 27-29 Januari 2024.

Prabowo dinilai paham aspirasi pemuda dan masyarakat adat. Dukungan pemuda Kaltim penting untuk mengawal keberlanjutan pembangunan di daerah, termasuk IKN. Sinergi pemuda dan tokoh adat perlu digalang demi kemajuan Kaltim ke depannya. (Suriyatman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status