Clicky

Wali Kota Samarinda, Jangan Ada Copy Paste Program

Wali Kota Samarinda, Andi Harun

KLIKSAMARINDA – ”Tidak boleh lagi ada program copy paste dari tahun ke tahun. Saya pasti akan mendapati jika ada program copy paste,” ujar Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022. Musrenbang berlangsung di Ballroom Hotel Aston, Jalan Pangeran Hidayatullah, Selasa 23 Maret 2021.

Menurut Wali Kota Andi Harun, penyelenggaraan Musrenbang memiliki nilai penting dalam mekanisme perencanaan tahunan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program kegiatan pembangunan yang lebih transparan.

Wali Kota Andi Harun juga menyampaikan perencanaan pembangunan yang rancang diharapkan tidak hanya menyelesaikan masalah pada saat sekarang, melainkan juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa akan datang melalui pendekatan yang kolaboratif dan inovatif.

“Termasuk strateginya menyiapkan peningkatan sumber daya manusia dan pelayanan, peningkatan produksi pangan, peningkatan Infrastuktur berwawasan lingkungan, peningkatan ekonomi hingga peningkatan pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintah,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun menjelaskan, misi dan tujuan pembangunan berkelanjutan berarti mewujudkan warga kota yang religius, unggulan dan berbudaya. Serta mewujudkan perekonomian kota yang maju, mandiri, berkerakyatan dan keadilan. Selain juga mewujudkan pemerintah yang profesional, transparan dan akuntabel.

“Kami juga memiliki cita-cita membangun Infrastuktur yang mantap dan moderen. Juga mewujudkan lingkungan kota yang aman, nyaman, harmoni dan lestari,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wakil Wali kota Samarinda, Rusmadi menambahkan, RKPD tahun 2022 diharapkan mampu menyajikan program atau kegiatan yang terperinci dan terukur dalam mengatasi permasalahan dan mengantisipasi isu strategis Kota Samarinda Tahun 2022.

“Terpenting semua perangkat di lingkungan Pemkot bisa mendukung visi dan misi juga 10 program unggulan Kota Samarinda tahun 2021-2024 dalam terwujudnya Samarinda Sebagai Pusat Kota Peradaban. Saya juga meminta hasil forum Musrenbang ini agar langsung ditindak lanjuti,” ujar Wawali Rusmadi.

Terpisah, Kepala Badan Perencanan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda, Ananta Fathurozzi dalam laporannya menjelaskan jika dokumen RKPD nanti akan menjadi dasar program dan kegiatan tahun 2022, dan sudah menjadi kewajiban untuk bersama-sama memberikan masukan agar menghasilkan RKPD yang selaras dan sinergis dengan RKPD Provinsi Kaltim.

“RPJMD Kota Samarinda dimasa pandemi covid-19 kali ini sangat berpengaruh pada data indikator ekonomi makro yang cenderung mengalami penurunan kualitasnya. Untuk itu, agar sejalan dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali kota Samarinda maka ditetapkan tema pada Musrenbang kali ini penguatan ketangguhan daerah di masa pandemi covid-19 yang kemudian dijabarkan kedalam program pembangunan daerah.” ujar Ananta Fathurrozi. (*)

DMCA.com Protection Status