Clicky

Rapat Forkopimda Samarinda Bahas Persiapan Pilkada

KLIKSAMARINDA – Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono, menghadiri Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Samarinda. Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Ketua Pengadilan Hongkun Otoh, dan ketua KPU Firman Hidayat, Ketua Bawaslu Abdul Muin, mewakili Kapolres Samarinda AKP Ricky, mewakili Dandim 0901 SMD Mayor Inf Munir, mewakili Dandenpom Mayor Cpm M Amin.

Para kepala OPD dan camat dan 59 lurah se-Kota Samarinda juga turut menghadiri rapat yang berlangsung Rabu 2 Desember 2020 di Hotel Grand Victoria secara daring via aplikasi Zoom oleh undangan lainnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Samarinda, Sucipto Wasis, membuka Rakor ini. Rapat ini merupakan rapat koordinasi terakhir di tahun 2020 menjelang pilkada pemilihan walikota dan wakil walikota.

Sugiyono turut mendukung pelaksanaan protokol kesehatan dalam pelbagai aktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pun, demikian dalam pelaksanaan Pilkada Samarinda yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang.

“Kami mendukung dan menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada. Sehingga dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat,” ujar Sugiyono usai rapat.

Rapat ini diadakan dalam rangka mendiskusikan tentang persiapan menyambut pilkada kota Samarinda, menghadapi kendala-kendala dan mendapatkan solusi terbaik dalam menyelenggarakan pilkada tahun ini. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sucipto Wasis berbicara mengenai kendala persiapan pilkada tahun ini.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah Covid-19 yang berpotensi menurunkan partisipan pemilihan kali ini. Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat mengelaborasikan penanganan yang telah dilakukan oleh KPU untuk membuat warga tetap datang ke TPS.

KPU telah mengkampanyekan agar TPS aman dari Covid-19 dan bagaimana penerapan protokol kesehatan di TPS sudah disimulasikan beserta mempersiapkan alat-alat kelengkapan perlindungan diri seperti masker dan sarung tangan sekali pakai beserta face shield.

Baca juga:  Jadwal Reses Legislator Samarinda November 2020

Firman menambahkan bahwa di setiap TPS nantinya akan ada ember yang berkeran untuk cuci tangan dan sebelum diberikan surat suara, para pemilih akan diberikan sarung tangan plastik sekali pakai.

Firman Hidayat berpesan dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020, yakni calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda juga tim sukses agar menerapkan Prokes dalam berbagai kegiatan dan aktivitas, sehingga upaya dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar dilaksanakan dengan baik. Ia juga menegaskan untuk kotak suara jangan sampai ada di rumah ketua dan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Mari saling menjaga untuk tidak tertular dan menularkan Covid-19, jangan sampai ada klaster penularan atau penyebaran dalam pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda tahun 2020,” ujar Firman Hidayat.

Sugeng Chairuddin menekankan pentingnya penerapan prokes dalam pelaksanaan Pilkada serentak, tetap patuh dalam setiap tahapan Pilkada. Menurut Sugeng Chairuddin, Pemerintah Kota Samarinda mengharapkan dengan adanya Pilkada serentak 2020 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan juga tetap menjaga juga patuh dengan nilai-nilai demokrasi yang ada.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kota Samarinda Abdul Muin menyampaikan, kepada seluruh penyelenggara agar menyosialisasikan tahapan Pilkada dan penerapan Prokes di dalam pelaksanaan Pilkada. Ia juga mengingatkan tentang pentingnya pelaksanaan pakta integritas yang harus dijalankan dalam pelaksanaan Pilkada di Kota Samarinda.

“Untuk saling mengingatkan, pakta integritas tetap dijalankan menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku, apabila melanggar peraturan mengenai Prokes pencegahan dan pengendalian Covid-19,” ujar Abdul Muin. (*)

DMCA.com Protection Status