KLIKSAMARINDA | Pj. Sekprov Kaltim Sa'bani Ingatkan Etika Profesi dan Jabatan ASN
Provinsi Kaltim

Pj. Sekprov Kaltim Sa’bani Ingatkan Etika Profesi dan Jabatan ASN

pelantikan jabatan fungsional

KLIKSAMARINDA – Mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor, Penjabat (Pj.) Sekretaris Provinsi Kaltim, Sa`bani melantik dan mengambil sumpah janji jabatan terhadap sejumlah 9 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, di Ruang Rapat Lantai III Kantor BKD Provinsi Kaltim, Kamis 16 Juli 2020. Terhadap para pejabat fungsional yang baru dilantik tersebut Gubernur Isran meminta agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dengan satu fungsi yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat Kaltim.

Para pegawai ini mengisi jabatan fungsional (jafung) sebagai Dokter Ahli Muda 1 orang, Dokter Ahli Pertama 1 orang, Analis Kebijakan Ahli Pertama 1 orang, Sanitarian Ahli Pertama 1 orang, Guru Ahli Pertama 3 orang, Instruktur Terampil 2 orang.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru dilantik dan diambil sumpah hari ini, saya berharap agar saudara dapat mengemban tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Dengan keahlian dan keterampilan tertentu yang saudara miliki dapat mendorong dan mewujudkan peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan,” ujar Gubernur Isran Noor dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sa`bani.

Selain itu, Gubernur Kaltim menekankan tentang menjunjung tinggi integritas, profsesionalisme, menaati ketentuan peraturan perundangan yang berlaku serta etika profesi. Khususnya terkait etika profesi yag menjadi pedoman dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

”Etika Profesi menjadi sangat penting untuk menjadi pedoman kita dalam mengerjakan tugas sehari-hari agar jangan sampai terjadi penyimpangan, penyalahgunaan, dan sebagainya. Harapan kita, Saudara menjadi teladan di lingkungan kerjanya masing-masing,” ujar Sa’bani.

Pengangkatan jafung tersebut, menurut Sa`bani, selain untuk memenuhi kebutuhan organisasi juga menunjang kepastian sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi sehingga mampu melaksanakan dengan baik pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu.

Khususnya untuk dokter dan guru yang langsung terlibat dalam pelayanan kepada masyarakat, menurut Sa`bani bagaimanapun sehari-harinya dokter dan guru mempunyai peran penting mencetak generasi unggul yang akan datang.

“Dengan sentuhan-sentuhan khusus akan mampu membawa generasi muda kita ke depannya akan menjadi insan yang luhur dan berjaya di negeri Indonesia maupun di belahan dunia nantinya,” ujar Sa’bani

Mengenai saat ini adanya kecenderungan peningkatan masyarakat yang positif tertular atau terinfeksi Covid-19, Sa`bani menambahkan, apratur sipil negara juga dituntut untuk berperan aktif dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu turut melakukan pola hidup sehat dan bersih sehingga menjadi teladan bagi masyarakat.

“Sebagai ASN hendaknya dapat mengambil peran aktif dalam memberikan edukasi ataupun contoh nyata yaitu disiplin dalam melaksanakan protocol Kesehatan serta membudayakan pola hidup bersih dan sehat dimanapun berada, hal ini untuk memutus rantai penyebaran wabah akibat virus ini,” ujar Sa`bani.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim, HS Fathul Halim, Kepala BKD Provinsi Kaltim, Diddy Rusdiansyah, dan sebagai tamu undangan terdiri dari Direktur RSUD AWS David Hariadi Masjhoer, Kepala Disnakertrans Prov Kaltim Suroto, dan Pejabat Perwakilan Biro Organisasi Setdaprov Kaltim. (*)

DMCA.com Protection Status