Clicky

Peringatan HUT RI di Tengah Pandemi, Ini Harapan Warga Samarinda

KLIKSAMARINDA – Tak banyak aktivitas peringatan HUT RI ke-76 Tahun 2021. Sama seperti tahun lalu, peringatan HUT RI ini masih ada dalam suasana pandemi Covid-19.

Meski begitu, kondisi keterbatasan tak menyurutkan semangat warga dalam melakukan peringatan HUT RI. Di Samarinda, misalnya, sirine tanda detik-detik Proklamasi tetap terdengar tepat pukul 11.17 WITA. Selasa 17 Agustus 2021.

Ketika suara sirine terdengar, warga di beberapa titik Kota Tepian mengambil sikap sempurna dan melakukan penghormatan. Seperti yang berlangung di tiga tempat berbeda, yaitu di Simpang Lembusuwana, di Simpang Taman Makam Pahlawan Jalan Kesuma Bangsa, dan di Taman Samarinda.

Tampak petugas pemadam kebakaran, petugas kepolisian, bahkan penjaga makanan siap saji mengambil sikap hormat di tempatnya bekerja. Masyarakat tampak ikut merayakan detik-detik Proklamasi dengan memberikan penghormatan selama 9 menit dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kabag Ops Polresta Samarinda, Kompol Andi Suryadi mengatakan, meskipun dihadiri ratusan orang, seluruh yang hadir tetap melaksanakan protokol kesehatan. Seluruh warga yang hadir juga turut saling mengingatkan dengan mengisi kemerdekaan ini di masa pandemi ini saling mengingatkan menjaga satu sama lain.

”Saling menghormati satu sama lain dan saling menghargai apapun pendapat dari orang lain. Peringatan detik-detik Proklamasi ini dihadiri unsur relawan, TNI dan Polri, Basarnas, serta warga pengguna jalan. Seluruh aktivitas dihentikan sejenak guna mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan bangsa. Walaupun berlangsung dengan dihadiri banyak orang. Namun pada pelaksanaannya, protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh semua yang hadir,” ujar Kompol Andi Suryadi.

Seorang anggota pemadam sukarela wanita, Ardiana turut memperingati detik-detik Proklamasi dengan membawa bendera merah putih. Tak hanya itu, Ardiana juga membawa satu kue tart.

Ardiana mengaku kue ulang tahun itu sengaja dibawa untuk ikut memperingati detik detik Proklamasi. Ardiana berharap warga Indonesia tetap bersemangat meski dalam kondisi keterbatasan akibat pandemi Covid19.

”Buat NKRI dari Damkar, Semakin maju Indonesia. Semoga pandemi cepat berlalu dan rakyat Indonesia bsia merasakan kebahagiaan juga keadilan yang merata. Yang pasti Indonesia maju,” ujar Ardiana.

Tanggapan lainnya datang dari Koordinator Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, Ernawati Gaffar menggunakan kesempatan ini untuk membagikan masker bagi peserta upacara dan pengguna jalan. Menurut Ernawati Gaffar, Iwapi berharap agar peringatan detik-detik Proklamasi tidak tercoreng karena menjadi klaster penyebaran Covid19.

”Kita ingin membangunkan rasa nasionalisme. Sekarang di masa pandemi kita akan coba semakin kuat dan kita perempuan-perempuan ke depannya semakin tangguh,” ujar Ernawati Gaffar. (Jie)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com