Clicky

Pemkab Kukar Batasi Akses Keluar Masuk Wilayah

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimatan Timur (Kaltim) mulai melakukan pembatasan akses keluar masuk wilayah Kukar, Minggu 11 Juli 2021. Pembatasan ini dilakukan di jalan utama dari arah Samarinda menuju arah Tenggarong.

Meski Kukar tidak termasuk dalam daerah di kaltim yang harus melakukan PPKM Darurat namun Pemkab Kukar tetap melakukan pembatasan diperketat. Pembatasan ini tetap memberikan kesempatan bagi warga yang ingin lewat.

Syaratnya, warga harus menjalani swab antigen. Jika warga terkonfirmasi positif Covid-19, aparat medis akan langsung membawanya ke rumah sakit karantina Wisma Atlet Tenggarong.

Aktivitas penyekatan ini berlangsung hingga pukul 22.00 WITA. Tampak aparat kepolisian dan TNI serta aparat Pemkab Kukar berjaga-jaga.

Menurut Kabag Operasi Satpol PP Kabupaten Kukar, Hendra, kegiatan ini sesuai Instruksi Bupati Kukar yang memerintahkan bagi masyarakat kukar untuk tidak beraktivitas di ruang publik.

“Yang masuk ke Tenggarong, kita batasi orangnya. Hanya yang bekerja saja yang boleh lihat. Yang mau pulang sore ini, kami arahkan pulang atau putar balik dan mencari jalan alternatif lain,” ujar Hendra saat ditemui pada pos penyekatan arah Tenggarong.

Petugas swab antigen di Wisma Atlet Tenggarong, Reno mengatakan, pembatasan berlangsung sejak Minggu pagi. Ratusan warga telah melakukan tes swap antigen dan hasilnya dua orang warga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari pagi, kita mulai sekitar pukul 09.00 WITA. Mungkin ada 100 orang lebih yang diswab di sini. Ada didapatkan dua orang positif dan langsung dibawa ke poli khusus,” ujar Reno.

Pembatasan akses di sekitar Tenggarong Seberang ini membuat warga terpaksa melakukan upaya agar dapat melewati petugas penyekatan. Beberapa di antara pengendara bahkan harus turun dari mobil untuk berbicara kepada penanggung jawab Posko Penyekatan.

Larangan bagi warga untuk masuk ke Tenggarong ini membuat sejumlah warga kebingungan. Apalagi jalan alternati yang disarankan petugas jaraknya sangat jauh.

“Ya itu, putar baliknya kami ke mana ini, Pak,” ujar seorang pengendara. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com