Clicky

Ini Pengganti Andi Harun dan Mahyunadi di DPRD Kaltim

KLIKSAMARINDA – Dua anggota DPRD Kaltim, yaitu Andi Harun dan Mahyunadi, diganti dalam proses pergantian antar waktu (PAW). Keduanya diganti karena mundur setelah memutuskan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Andi Harun maju di Pilkada Samarinda sebagai calon Wali Kota Samarinda, sementara Mahyunadi maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Pengganti Andi Harun adalah Mashari Rais dari Fraksi Gerindra. Sementara pengganti Mahyunadi adalah M. Udin dari Fraksi Partai Golkar.

Proses PAM keduanya berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Kaltim ke-38 untuk Masa Persidangan III, Senin 14 Desember 2020 di Lantai VI, Gedung D, Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK, memimpin agenda Rapat Paripurna proses PAW. Agendanya adalahpelantikan dan pengucapan sumpah Pengganti Antarwaktu (PAW) DPRD Kaltim untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Keputusan Mendagri sebelumnya telah menetapkan pemberhentian resmi dua anggota DPRD Kaltim, yaitu Andi Harun dan Mahyunadi. Keduanya mundur dari kursi parlemen, usai mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah.

Usai rapat paripurna, Makmur menyebut anggota yang baru dilantik juga dihadapkan dengan kondisi luar biasa. Terutama pandemi Covid-19, yang mengakibatkan lesunya ekonomi serta aktivitas masyarakat

“Harapannya anggota DPRD yang baru dilantik ini harus proaktif, di manapun mereka berada. Selain itu juga bisa bekerja dama dengan anggota dewan yang lain,” ujar Makmur HAPK.

Mashari Rais anggota DPRD Kaltim yang mewakili Dapil I menuturkan akan siap bekerja untuk rakyat, khususnya wilayah Samarinda. Setelah dilantik, Mashari Rais mengaku dirinya akan bergabung di Komisi I DPRD Kaltim.

“Kita sangat pro aktif untuk menjalin komunikasi dan aspirasi masyarakat. Utamanya adalah aspirasi yang ada di kota Samarinda. Saya akan menerima aspirasi masyarakat, dan akan kita lancarkan. Baik infrastruktur dan kemacetan akan dibersihkan,” ujar Mashari Rais.

Sementara itu, M. Udin merasa bersyukur bisa naik ke kursi DPRD Kaltim menggantikan Mahyunadi. Legislator dari Dapil VI (Bontang-Kutim-Berau) menyebut langkah pertamanya sebagai anggota dewan adalah menyerap aspirasi warga.

“Untuk percepatan pembangunan sangat diperlukan, khususnya daerah pesisir. Begitu juga akses jalan dan penerangan akan kita benahi,” ujar M. Udin. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status